PENGARUH ETIKA DAN DIMENSI FRAUD PENTAGON TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

UTAMI, DHITA PERMATA WIRA (2021) PENGARUH ETIKA DAN DIMENSI FRAUD PENTAGON TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover_Dhita Permata Wira Utami_142160182.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Dhita Permata Wira Utami_142160182.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Dhita Permata Wira Utami_142160182.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Dhita Permata Wira Utami_142160182.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika, tekanan, peluang, rasionalisasi, kompetensi, arogansi terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 170 responden yang mewakili beberapa kriteria, yaitu sudah menempuh mata kuliah Pengauditan I dan Etika Bisnis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel dependen (Y) adalah perilaku kecurangan akademik. Untuk variabel independen antara lain etika (X1), tekanan (X2), peluang (X3), rasionalisasi (X4), kompetensi (X5) dan arogansi (X6). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan software IBM SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika, tekanan, dan kompetensi berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Sedangkan peluang, rasionalisasi dan arogansi tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: etika, fraud pentagon, tekanan, peluang, rasionalisasi, kompetensi, arogansi, perilaku kecurangan akademik.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:09
Last Modified: 04 Feb 2021 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24534

Actions (login required)

View Item View Item