Wahyuni, Sri (2021) POLA KOMUNIKASI PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI PT BANK MANDIRI CABANG DIPONEGORO YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (335kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI pdf.pdf Download (347kB) | Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi merupakan proses penyampaian makna dari suatu entitas atau
kelompok lainnya melalui penggunaan tanda, simbol, dan aturan semiotika yang
dipahami bersama. Komunikasi yang efektif menjadi salah satu faktor penting
keberhasilan suatu tujuan dan menghindari kesalahpahaman informasi mengenai
suatu kegiatan organisasi atau perusahaan sehingga menghasilkan kesamaan makna
pada komunikator dan kominikan. Untuk menghasilkan efektivitas dalam
penyampaian informasi sangat diperlukan pola komunikasi agar penyampaian
informasi dapat tersampai secara struktural dan representative.Tujuan dari
penelitian ini mengetahui dan menjelaskan Pola komunikasi pemberian Kredit
Usaha Rakyat (KUR) di PT Bank Mandiri Cabang Diponegoro Yogyakarta.
Metode penelitian yaitu Jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan
data menggunakan Wawancara Mendalam, Observasi, Dokumentasi. Teknik
Analisis Data menggunakan penelitian kualitatif dengan Miles and Huberman.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pola Komunikasi PT. Bank Mandiri Cabang
Diponegoro Yogyakarta yaitu berperan sebagai bank BUMN dan menjadi penyalur
dana KUR dari Pemerintah di Yogyakarta. PT. Bank Mandiri Cabang Diponegoro
Yogyakarta melakukan proses komunikasi berbentuk langsung dan komunikasi
tidak langsung dengan menggunakan bantuan media. Komunikasi langsung
digunakan dengan pendekatan personal dan komunikasi tidak langsung digunakan
sebagai pemberi informasi. Komunikasi langsung terjadi yaitu melalui karyawan
PT. Bank Mandiri Cabang Diponegoro Yogyakarta khususnya bagian kredit dan
komunikasi tidak langsung digunakan dengan menggunakan media brosur, pamflet,
web dan baliho. Pada proses sosialisasi dan promosi, penggunaan dan penagihan
kredit yang paling dominan yang menjadi isi pesan yang dikomunikasikan adalah
perkenalan program kredit KUR yang ditawarkan PT. Bank Mandiri Cabang
Diponegoro Yogyakarta dan selanjutnya mengenai besarnya angsuran yang harus
dibayarkan.
Kata Kunci: : Komunikasi, Pola Komunikasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR),
PT Bank Mandiri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Pola Komunikasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), PT Bank Mandiri |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 03:56 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24480 |
Actions (login required)
View Item |