PERENCANAAN KAPASITAS DAN BIAYA SEWA RIG PEMBORAN SUMUR “GH-2” LAPANGAN “SBR”` PT PLN GAS AND GEOTHERNAL

SOBIRIN, SOBIRIN (2020) PERENCANAAN KAPASITAS DAN BIAYA SEWA RIG PEMBORAN SUMUR “GH-2” LAPANGAN “SBR”` PT PLN GAS AND GEOTHERNAL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Draf.pdf] Text
Draf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kapasitas rig harus ditentukan secara optimal sehingga tidak over capacity yang menyebabkan biaya sewa rig lebih mahal dan tidak juga low capacity yang menyebabkan terganggunya proses pemboran. Waktu pemboran didesain dengan optimal sehingga tidak banyak waktu yang terbuang yang dapat menyebabkan biaya pemboran bertambah mahal. Biaya sewa rig diperkirakan mencapai 40% dari total biaya pemboran. Skripsi ini bertujuan untuk menentukan perencanaan kapasitas dan biaya sewa rig pemboran pada sumur “GH-2” lapangan “SBR” PT PLN GAS AND GEOTHERMAL
Komponen utama yang berpengaruh pada perhitungan besarnya horse power yang dibutuhkan rig yaitu sistem angkat, sistem putar dan sistem sirkulasi. Besarnya horse power yang dibutuhkan pada sistem angkat dipengaruhi oleh kecepatan pengangkatan travelling block, beban hook dan faktor efisiensi dari drilling line. Sedangkan pada sistem putar dipegaruhi oleh besarnya rpm dan kedalaman target. Besarnya horse power yang dibutuhkan pada sistem sirkulasi dipengaruhi oleh kecepatan pemompaan dan pressure loss sepanjang sistem sirkulasi. Sehingga kapasitas rig harus ditentukan secara optimal adalah penjumlahan HP fungsi angktat, HP fungsi putar dan HP fungsi sirkulasi ditambah dengan safety factor sebesar 100-200 HP. Besarnya biaya sewa rig didapatkan dari biaya sewa rig per hari dengan rencana lamanya waktu pemboran. Sehingga waktu pemboran harus didesain dengan optimal agar tidak banyak waktu yang terbuang yang menyebabkan biaya sewa rig bertambah mahal.
Hasil perhitungan studi kasus didapatkan bahwa kapasitas rig sebesar 1500 HP dan penggunaan selama 22 hari. Biaya per HP 25 USD sehingga total biaya sebesar 660000 USD.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemboran didesain dengan optimal
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:21
Last Modified: 20 Jan 2023 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24225

Actions (login required)

View Item View Item