ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN INSTALASI MESIN PEMBUATAN BOTOL (Studi Kasus di PT.Air Amanah, Jl. Turgo Km 0,5 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta)

Nugroho, Febrian Panji (2020) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN INSTALASI MESIN PEMBUATAN BOTOL (Studi Kasus di PT.Air Amanah, Jl. Turgo Km 0,5 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. abstrak.pdf]
Preview
Text
2. abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 1.-SKRIPSI-FULL.pdf] Text
1.-SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Studi Kelayakan Bisnis adalah ”Suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan. PT Air Amanah adalah perusahaan yang bergerak dibidang air minum dalam kemasan. PT Air Amanah ingin mengembangkan usahanya dengan melakukan penambahan instalasi mesin pembuatan botol sendiri agar dapat meningkatkan keuntungan yang maksimal. Studi kelayakan pada PT Air Amanah untuk mengetahui tingkat kelayakan jangka waktu 5 tahun kedepan ( tahun 2019 – tahun 2024). Penelitian ini dilakukan agar tidak terjadi kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi pada PT Air Amanah sehingga dapat diantisipasi atau di minimalisir.
Studi kelayakan PT Air Amanah akan dilakukan penambahan instalasi mesin pembuatan botol. Studi kelayakan PT Air Amanah dilakukan pada aspek pasar, manajemen, teknis, finansial, dan lingkungan untuk periode 5 tahun kedepan dan melakukan analisis sensitivitas. Pada aspek pasar menghitung pangsa pasar, pada aspek manajemen menghitung kebutuhan penambahan pekerja, aspek teknis menentukan kebutuhan bahan baku dan cara proses produksi, aspek finansial menghitung kriteria bisnis, dan aspek lingkungan mengetahui dampak terhadap lingkungan. Analisis sensitivitas merubah parameter berupa penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional.
Dari studi kelayakan yang diperoleh bahwa investasi penambahan instalsi mesin pembuatan botol layak dilihat pada aspek pasar meningkat ±5%, teknis dikatakan layak karena kegiatan produksi dapat berjalan, manajemen dikatakan layak karena tenaga kerja cukup untuk menjalankan produski, lingkungan diakatakan layak karena sudah melakukan pengolahan limbah dengan baik dan finansial dikatakan layak dilihat dengan kriteria penilaian investasi diperoleh untuk nilai NPV tahun 2019 sebesar 756.858.373, dan payback period sebesar 2,74 tahun, internal rate of return sebesar 40% dan indeks profitasbilitas sebesar 1,46, sehingga layak untuk dilaksanakan pada periode 5 tahun kedepan. Analisi sensitivitas terhadap penurunan pendapatan sebesar 5% tidak sensitif tetapi pada penurunan pendapatan sebesar 10% sensitif, dan kenaikan biaya operasional sebesar 5% dan 10% tidak sensitif.
Kata kunci: studi kelayakan usaha, analisis sensitivitas
xi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: studi kelayakan usaha, analisis sensitivitas xi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Dec 2020 08:10
Last Modified: 24 Jan 2023 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24093

Actions (login required)

View Item View Item