IMPLEMENTASI FUZZY TIME SERIES PADA PERAMALAN PENJUALAN JENIS PRODUK FASHION DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CHENG

Darlansyah, Laode (2020) IMPLEMENTASI FUZZY TIME SERIES PADA PERAMALAN PENJUALAN JENIS PRODUK FASHION DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CHENG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover.pdf]
Preview
Text
2. Cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 3. halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
3. halaman pengesahan.pdf

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of 4. abstrak.pdf]
Preview
Text
4. abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi (yudisium).pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi (yudisium).pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.docx.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.docx.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 1.-skripsi-full.pdf] Text
1.-skripsi-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Toko distro merupakan salah satu industri kreatif yang memproduksi dan menjual berbagai jenis produk fashion seperti topi, kaos, celana, aksesoris dan lain-lain, setiap produk mempunyai kategori dan tipe. Target pasar dari toko distro yaitu kalangan pemuda pemudi. Akan tetapi dalam pengadaan ulang kategori dan tipe suatu jumlah produk hanya berdasarkan tren dipasaran dan data penjualan secara mutlak. Tapi dirasa masih kurang optimal karena masih terjadi permasalahan antara lain, pada saat penentuan jumlah beberapa jenis produk fashion kurang tepat, jika sedikit maka menyebabkan kekurang produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dan jika kelebihan maka terjadi penumpukan produk di gudang dengan kapasitas display yang terbatas. Hal ini membuat pihak toko mengalami kesulitan dalam melakukan pengadaan jumlah produk, dengan melihat begitu banyaknya jenis kategori dan tipe suatu produk yang ada, ditambah lagi perilaku setiap konsumen biasanya membeli terkadang melihat dari warna, jenis kelamin dan ukuran.
Pada penelitian ini menggunakan metode untuk meramalan penjualan jenis produk fashion secara umum ataupun secara detail, dengan metode Fuzzy Time Series Model Cheng yang bertujuan menangkap pola data dengan tingkat akurasi yang baik. Data latih yang digunakan adalah data transaksi penjualan jenis produk fashion bersifat sekunder pada bulan desember 2017 sampai mei 2019.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, proses peramalan menggunakan Fuzzy Time Series Model Cheng mendapatkan hasil dari jenis produk fashion salah satunya Ketegori BAG error MAPE 16,88% dengan akurasi 83,12%, Kategori BAG Tipe BACKPACK error MAPE 17,77% dengan akurasi 82,23%, Kategori BAG Tipe BACKPACK Jenis Kelamin FEMALE error 12,60 dengan akurasi 87,40%.
Kata kunci : Fuzzy Time Series, Model Cheng, Peramalan, Fashion

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Time Series, Model Cheng, Peramalan, Fashion
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:19
Last Modified: 10 Mar 2023 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item