PERANCANGAN APLIKASI PEMASARAN BERBASIS E-COMMERCE KELOMPOK USAHA PURBA ARUM MENGGUNAKAN METODE SDLC UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus Kelompok Usaha Purba Arum Kotagede, Yogyakarta)

Trianto, Febri (2020) PERANCANGAN APLIKASI PEMASARAN BERBASIS E-COMMERCE KELOMPOK USAHA PURBA ARUM MENGGUNAKAN METODE SDLC UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus Kelompok Usaha Purba Arum Kotagede, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Full-Skripsi-Febri-Trianto-122130184.pdf] Text
Full-Skripsi-Febri-Trianto-122130184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Kelompok Usaha Purba Arum merupakan kelompok yang terdiri dari beberapa
industri rumahan yang bergerak dalam bidang pembuatan bakpia, roti, pengrajin perak,
pengrajin kuningan, tas, dan lain sebagainya. Keinginan Kelompok Usaha Purba Arum untuk
memasarkan produk secara online ditengah pandemi covid-19 untuk mencapai konsumen
yang lebih banyak, sehingga dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk merancang
aplikasi pemasaran berbasis e-commerce untuk meningkatkan efektivitas penjualan di
Kelompok Usaha Purba Arum.
Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC).
Perancangan e-commerce menggunakan metode SDLC dimulai dengan tahap perancangan
sistem, implementasi program, kemudian uji coba program. Perancangan aplikasi ini
menggunakan komponen virtuemart untuk sistem penjualannya, joomla untuk template
website dan content manajemen sistemnya (CMS), MySQL untuk databasenya, dan skrip
PHP sebagai dasar bahasa pemrograman yang digunakan.
Berdasarkan hasil perancangan aplikasi pemasaran berbasis e-commerce ini memiliki
tampilan website yang menarik, waktu loading relatif cepat, website menampilkan semua
produk yang dijual beserta foto, harga, dan keterangan produk yang lengkap, proses login dan
checkout produk yang mudah, serta status order dapat diketahui. Dengan pemasaran berbasis
e-commerce, jangkauan konsumen menjadi lebih luas, sejalan dengan rancangan aplikasi
yang berhasil dibuat, maka akan meningkatkan efektivitas penjualan di Kelompok Usaha
Purba Arum
Kata Kunci : E-Commerce, Kelompok Usaha Purba Arum, Efektivitas Penjualan, SDLC

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Kelompok Usaha Purba Arum, Efektivitas Penjualan, SDLC
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:36
Last Modified: 08 Mar 2023 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23804

Actions (login required)

View Item View Item