PENGEMBANGAN SISTEM TRANSFER DATA PENERIMA MANFAAT DARI AKTIVITAS HUMAN INITIATIVE YOGYAKARTA BERBASIS SISTEM INFORMASI (Studi Kasus pada Human Initiative, Yogyakarta)

Widiastanto, Jeni Vindy (2020) PENGEMBANGAN SISTEM TRANSFER DATA PENERIMA MANFAAT DARI AKTIVITAS HUMAN INITIATIVE YOGYAKARTA BERBASIS SISTEM INFORMASI (Studi Kasus pada Human Initiative, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Human Initiative Yogyakarta memiliki tiga kegiatan utama yaitu Initiative For Children, Initiative For Empowerment, dan Initiative For Disaster. Dari ketiga kegiatan tersebut Human Initiative memiliki kewajiban untuk melaporkan kepada donatur. Diperlukan regulasi data yang cepat dan akurat dalam pendataan penerima manfaat untuk laporan kepada mitra dan donatur. Masalah yang terjadi proses pelaporan yang dilakukan sering mengalami keterlambatan dari waktu yang di tentukan. Keterlambatan tersebut di akibatkan data penerima manfaat tidak dapat terkirim pada saat itu juga, karena lokasi program yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Cabang pembantu Magelang sehingga fasilitator dari masing.masing lokasi harus ke kantor cabang Yogyakarta terlebih dahulu untuk menyerahkan data penerima manfaat. kemudian dari bidang support pendayagunaan melakukan input data tersebut manual, sedangkan sumber daya manusia yang ada untuk input hanya satu orang. Dengan proses seperti itu akan memakan waktu yang lama, serta beban tugas terpusat di bidang support pendayagunaan. Penulis menggunakan metode waterfall untuk merancang sistem informasi input data penerima manfaat dari Human Initiative Yogyakarta. Tahapan yang dilakukan adalah Rekayasa dan Pemodelan Sistem, Analisis Kebutuhan, Perancangan, Penulisan Program, Pengujian dan Pemeliharan sistem informasi. Dengan pengujian metode Black Box mendapatkan skor 97,2 % dari segi fungsi. Hasil dari pengujian yang di lakukan oleh 12 karyawan Human Initiative Yogyakarta di dapatkan hasil sebesar 20,10 % responden memberikan penilaian “Sangat Baik”, 59,32 % responden memberikan penilaian “Baik”, 18,14 % responden memberikan penilaian “Cukup”, kemudian sebesar 1,97 % responden memberikan penilaian “Kurang”, dan 0% responden memberikan penilaian “Sangat Kurang” sehingga sistem informasi layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:21
Last Modified: 27 Aug 2020 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item