ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM GUNA MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS

Virajati, Cakra (2012) ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM GUNA MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM (ABSTRAK).pdf]
Preview
Text
ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM (ABSTRAK).pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Analisis aktivitas media relations PT Pupuk Kaltim merupakan penelitian
kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan aktivitas media relations yang
dilakukan oleh Departemen Humas PT Pupuk Kaltim guna membina hubungan
baik dengan pers. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan
Manager, Kepala Bagian dan staf bagian publikasi dan dokumentasi Departemen
Humas PT Pupuk Kaltim dan insan pers (cetak/elektronik) yang berada di Kota
Bontang sebagai
key
informan dan informan serta obse
rvasi terhadap pelaksanaan
kegiatan yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan melalui penggambaran
strategi yang dilakukan oleh Departemen Humas PT Pupuk Kaltim dengan
menggunakan teori produksi pesan dan konsep media relations. Jenis
-
Jenis
kegiatan ya
ng dilakukan oleh Humas PT Pupuk Kaltim seperti:
press conference,
press tour, press interview, press gathering, press receptions, press statement,
press luncheon, dan press release
. Kendala yang dihadapi humas PT Pupuk
Kaltim guna membina hubungan pers ya
itu: perbedaan pandangan, perbedaan
prinsip wartawan dengan staf humas, keterbatasan wartawan dengan staf humas
dan gangguan dalam penyampaian informasi kepada wartawan. Adanya hubungan
yang harmonis antara Departemen Humas PT Pupuk Kaltim dengan pihak med
ia
-
media di Bontang seperti Bontang Post, Kaltim Post, Koran Kaltim, Tribun
Kaltim, PkTV, dan EsKa FM akan menciptakan rasa saling menghargai satu sama
lain. Rasa saling menghargai itu tercermin dari pihak media di Kota Bontang
maupun Kalimantan Timur yang
selalu berusaha untuk melakukan konfirmasi
terlebih dahulu terhadap isu atau informasi tersebut menjadi suatu berita di media
massa kepada Manajer Humas PT Pupuk Kaltim atau narasumber dari PT Pupuk
Kaltim. Bagi PT Pupuk Kaltim media dianggap sebagai sara
na yang dapat
membantu perusahaan untuk menjangkau publik perusahaan yang tersebar. PT
Pupuk Kaltim selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya terhadap
media. PT Pupuk Kaltim menganggap pers adalah mitra bagi perusahaan yang
harus saling menghor
mati satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 24 May 2016 06:50
Last Modified: 24 May 2016 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item