PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (Studi kasus di Home industri lurik batik iklas)

Apriana, Faizal Amri (2020) PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (Studi kasus di Home industri lurik batik iklas). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Home Industry Lurik Batik Iklas merupakan perusahaan bergerak di bidang industri tekstil yang menghasilkan produk kain lurik polos dan motif. Home Industry Lurik Batik Iklas terletak di Tegalsari 36/18 Ngawonggo, Ceper, Klaten, Jawa Tengah. Banyaknya permintaan dari pelanggan saat ini, menuntut perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas demi kepuasan pelanggan. Produk yang berkualitas akan didapatkan jika sistem kerja yang ada berjalan dengan baik. Pada kenyataannya pekerja mengeluhkan bahwa saat bekerja selalu merasa cepat lelah. Kelelahan tersebut menandakan bahwa sistem kerja yang ada belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan sistem kerja pada Home Industry Lurik Batik Iklas dengan mengetahui pengaruh dari setiap komponen sistem kerja terhadap kelelahan kerja para pekerja. Komponen sistem kerja yang dimaksud yaitu kondisi organisasi, teknologi, human, dan lingkungan. Adapun tools yang digunakan dalam pengidentifikasian dan penilaian terhadap pengaruh sistem kerja yaitu Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS) dengan analisis jalur. Setelah dilakukan pengidentifikasian dan penilaian, maka selanjutnya diberikan usulan perbaikan untuk menurunkan kelelahan kerja. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh komponen sistem kerja terhadap kelelahan kerja di Home Industri Lurik Batik Iklas yaitu faktor organisasi sebesar 0,04%; faktor teknologi sebesar 64,80%; faktor Human sebesar 0,22%; dan lingkungan sebesar 1,25%. Maka komponen sistem kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kelelahan kerja adalah teknologi, yang berarti teknologi yang paling menentukan lelah atau tidaknya pekerja. Adapun perbaikan sistem kerja yang dapat diusulkan terkait dengan organisasi yaitu penambahan jam istirahat yang semula 60menit menjadi 92 menit, terkait dengan teknologi yaitu, memberikan fasilitas yang ergonomis 10cm diatas sikut pekerja, dan pada lingkungan memberikan APD berupa ear plug Kata kunci: Sistem kerja, Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS), Ergonomi Makro

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem kerja, Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS), Ergonomi Makro
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:59
Last Modified: 17 Mar 2020 04:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22620

Actions (login required)

View Item View Item