PENINGKATAN EFISIENSI LINTASAN PRODUKSI PADA PROSES PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF DENGAN PEMERATAAN BEBAN KERJA OPERATOR (Studi Kasus: PT Adi Satria Abadi, Kalasan)

Syahputra, Bima (2020) PENINGKATAN EFISIENSI LINTASAN PRODUKSI PADA PROSES PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF DENGAN PEMERATAAN BEBAN KERJA OPERATOR (Studi Kasus: PT Adi Satria Abadi, Kalasan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENUNJUKAN DOSBIM.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT Adi Satria Abadi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pengolahan kulit untuk di produksi menjadi sarung tangan golf. Proses produksi sarung tangan terdiri dari 3 lini, yaitu lini pemotongan, lini penjahitan dan lini pengepakan. Lini penjahitan merupakan lini yang paling diperhatikan karena terdiri dari berbagai jenis operasi yang dilakukan. Pembagian operasi di setiap stasiun kerja dilakukan tanpa memperhatikan beban kerja pada setiap staisun kerja yang menyebabkan penumpukan material kerja yang mengakibatkan nilai efisiensi lintasan yang masih rendah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi lini penjahitan produk sarung tangan jenis Harper Hustle pada lini MF-2. Sarung tangan jenis Harper Hustle merupakan salah satu produk repetitif yang dipesan oleh konsumen. Penyelesaian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menyeimbangkan lini penjahitan dan mengalokasikan operator di setiap stasiun kerja yang telah dirancang agar beban kerja antar operasi lebih rata.. Penelitian ini berhasil meningkatkan nilai efisiensi sebesar 24%, yang semula sebesar 62% menjadi 86%. Selain itu penelitian ini berhasil menurunkan nilai smoothness index sebesar 27,36, dari yang semula 153,46 menjadi 126,10. Hasil dari penelitian ini juga berhasil mencapai target produksi di lini penjahitan dengan menambah operator sebanyak masing-masing 6 orang dan menyeimbangkan beban kerja setiap opeator. Kata kunci : Line Balancing, Leather, Gloves Industry, Workload

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:11
Last Modified: 12 Mar 2020 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item View Item