PENGARUH TOURIST EXPERIENCE TERHADAP SATISFACTION DAN TRUST SERTA REVISIT INTENTION (STUDI PADA WISATAWAN DI WISATA ALAM POSONG TEMANGGUNG)

PRAKOSO, DIMAS BAYU (2020) PENGARUH TOURIST EXPERIENCE TERHADAP SATISFACTION DAN TRUST SERTA REVISIT INTENTION (STUDI PADA WISATAWAN DI WISATA ALAM POSONG TEMANGGUNG). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-FIXXX.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-FIXXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dimas Bayu Prakoso, Nomor Mahasiswa 152140021, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Tourist Experience terhadap Satisfaction dan Trust serta Revisit Intention” (Studi pada Wisatawan di Wisata Alam Posong Temanggung) 2019. Dosen Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan Dosen Pembimbing II Sadeli.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Tourist Experience terhadap Satisfaction dan Trust serta Revisit Intention pada Wisatawan yang sedang berwisata ke Wisata Alam Posong Temanggung. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya merupakan seluruh wisatawan yang sedang berkunjung di Wisata Alam Posong. Ukuran sampel dengan 124 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tourist Experience berpengaruh signifikan terhadap Satisfaction dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh signifikan dari variabel Tourist Experience terhadap Trust dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh signifikan Tourist Experience terhadap Revisit Intention dengan nilai sig 0,042<0,05. Ada pengaruh signifikan Satisfaction terhadap Trust dengan nilai sig 0,005<0,05. Ada pengaruh signifikan Satisfaction terhadap Revisit Intention dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh signifikan Trust terhadap Revisit Intention dengan nilai sig 0,000<0,05. Terdapat pengaruh Tourist Experience terhadap Revisit Intention melalui Satisfaction dan Tourist Experience terhadap Revisit Intention melalui Trust.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk mendapatkan kunjungan ulang dari wisatawan, pengelola Wisata Alam Posong harus mampu membuat wisatawan merasa puas dan percaya yang tinggi setelah melakukan kunjungan ulang dengan cara seperti memberikan pengalaman wisata yang baik dan menyenangkan, meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan fasilitas-fasilitas yang mencukupi untuk wisatawan yang sedang berkunjung ke Wisata Alam Posong. Dengan demikian wisatawan yang merasa puas dan percaya dengan Wisata Alam Posong akan melakukan kunjungan ulang di waktu yang akan datang.
Kata Kunci: Tourist Experience, Satisfaction, Trust, Revisit Intention

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:32
Last Modified: 09 Jan 2023 07:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item