PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA OBJEK WISATA SINDU KUSUMA EDUPARK (SKE) DI YOGYAKARTA

PUTRA, DENIS ALIFIANSYAH (2019) PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA OBJEK WISATA SINDU KUSUMA EDUPARK (SKE) DI YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
1. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan eksternal dan internal objek wisata Sindu Kusuma Edupark, merumuskan alternatif strategi serta merumuskan urutan prioritas strategi yang dapat diterapkan Sindu Kusuma Edupark agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan instrumen penelitian kuisioner dan wawancara yang dilakukan dengan pengelola Sindu Kusuma Edupark. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Factor Evaluation (IFE),Matriks Internal – Eksternal (IE), Matriks Strenghts – Weaknesses – Opportunities – Threats (SWOT) dan Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Analisis lingkungan eksternal menghasilkan 9 faktor peluang dan 6 faktor ancaman dan analisis lingkungan internal menghasilkan 12 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan. Matriks EFE menunjukkan bahwa Sindu Kusuma Edupark memiliki kondisi eksternal tinggi dengan total skor 3,352941176. Matriks IFE menunjukkan bahwa Sindu Kusuma Edupark memiliki kondisi internal kuat dengan total skor 3,194174757. Matriks IE menunjukkan bahwa Sindu Kusuma Edupark berada pada sel I yaitu tumbuh dan membangun (Grow and Build). Berdasarkan Matriks SWOT terdapat 6 alternatif strategi yang dapat diterapkan Sindu Kusuma Edupark. QSPM menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk dengan menghadirkan wahana permainan yang baru, unik, dan inovatif berada pada urutan pertama dengan Total Attractive Score 5,144726823. Kata kunci : Perumusan Strategi, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perumusan Strategi, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:17
Last Modified: 29 Jan 2020 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item