PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN DENGAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD DAN CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT (Studi kasus di Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Banyuwangi)

Firmansyah, Rifandi Elfrianto (2019) PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN DENGAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD DAN CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT (Studi kasus di Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Banyuwangi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Rifandi Elfrianto F_122150109.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TA_Rifandi Elfrianto Firmansyah_122150109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Penataan Ruang saat ini sedang mengerjakan proyek pembangunan Terminal Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Pembangunan proyek ini berhenti pada bulan Februari tahun 2019 dikarenakan kontraktor pada waktu bersamaan sedang mengerjakan proyek lain. Hanya sebesar 70% dari total pembangunan yang dapat diselesaikan kontraktor selama waktu kontrak. Sisa pembangunan akan dilanjutkan pada bulan Januari 2020 dengan total waktu penyelesaian proyek maksimal 5 bulan. Keterlambatan proyek akan berdampak kepada kontraktor yang dapat dikenakan sanksi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jadwal proyek konstruksi yang mempunyai keterlambatan minimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Precedence Diagram Method dan Critical Chain Project Management. Kedua metode ini digunakan untuk mengetahui total waktu penyelesaian proyek serta total biaya proyek. Data yang digunakan adalah time schedule proyek dan rancangan anggaran biaya proyek. Hasil perhitungan dengan kedua metode tersebut akan dibandingkan kemudian memilih metode terbaik berdasarkan dari segi waktu penyelasian tercepat dan biaya minimal. Berdasarkan perhitungan penjadwalan proyek dengan kedua metode tersebut, penjadwalan dengan Precedence Diagram Method dipilih menjadi metode terbaik. Hal ini disebabkan total waktu penyelesaian proyek dengan Precedence Diagram Method yang lebih cepat daripada total waktu penyelesaian proyek menggunakan metode Critical Chain Project Management, yaitu 140 hari dengan keterlambatan 0 hari dan total biaya proyek sebesar Rp. 4.309.984.547,11. Kata Kunci: Penjadwalan Proyek, Proyek Konstruksi, Precedence Diagram Method, Critical Chain Project Management.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:34
Last Modified: 28 Jan 2020 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item