PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pecandu Game Online Mobile Legends Dalam Komunitas Game Zeus Is Back Yogyakarta)

Aprillio Bagus Wicaksono, Happy (2020) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pecandu Game Online Mobile Legends Dalam Komunitas Game Zeus Is Back Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Hal ini mempengaruhi munculnya game online yang telah merajalela dikalangan remaja maupun komunitas. Game online kini telah menjadi suatu candu yang bisa membuat para pemainnya mengurangi kegiatan lain. Salah satu game online yang saat ini tengah digandrungi sebagian masyarakat khususnya para remaja hingga dewasa awal yaitu Mobile Legends. Meningkatnya aktivitas dalam bermain game online Mobile Legends tidak berbanding lurus dengan perilaku komunikasi para pemainnya, maka dari itu timbul lah perbedaan perilaku komunikasi interpersonal didalam dunia virtual maupun diluar dunia virtual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa motivasi bermain anggota komunitas pecandu game online Mobile Legeds, bagaimana interaksi anggota pecandu game online Mobile Legends didalam dunia virtual, dan bagaimana interaksi anggota komunitas pecandu game online Mobile Legends diluar dunia virtual. Teori pendukung yang peneliti gunakan adalah teori motivasi David McClelland. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan enam key informan angggota komunitas Zeus Is Back pecandu game online Mobile Legends dan satu informan pendukung yaitu anggota komunitas lain. Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi bermain anggota komunitas Zeus Is Back pecandu game online Mobile Legends didasarkan pada kebutuhan untuk mencapai penghargaan dengan menaikan MMR (Mode Match Ranking). Interaksi anggota komunitas Zeus Is Back pecandu game online Mobile Legends di dalam dunia virtualnya cukup aktif, hal ini dikarenakan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat terhadap game online yang sama. Walaupun dalam kenyataannya anggota komunitas Zeus Is Back pecandu game online mobile legends tetap melakukan interaksi di luar dunia virtual namun interaksi tersebut tidak cukup aktif, dikarenakan ketika anggota komunitas Zeus Is Back berkomunikasi di luar dunia virtual, hal itu dilakukan hanya sebagai pendekatan antaranggota di komunitas tersebut. Kata Kunci: Game Online, Mobile Legends, Perilaku Interpersonal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:11
Last Modified: 17 Jan 2020 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22137

Actions (login required)

View Item View Item