ANALISIS NARATIF CERITA KESUKSESAN MITRA DALAM AD-SERIES #CeritaGOJEK

Humairah, Firza (2019) ANALISIS NARATIF CERITA KESUKSESAN MITRA DALAM AD-SERIES #CeritaGOJEK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
ANALISIS NARATIF CERITA KESUKSESAN MITRA DALAM AD-SERIES #CeritaGOJEK (FIRZA HUMAIRAH 153150136)-SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemitraan merupakan salah satu cara untuk startup ride-hailing seperti Gojek untuk menunjang perkembangan perusahaannya. Transportasi online pada awal kemunculannya memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Masyarakat yang belum teredukasi mengenai transportasi online dan sistem kemitraan yang dianut sebuah prusahaan ride-hailing merupakan tugas tersendiri, khususnya bagi Gojek. Salah satu cara untuk mengenalkan hal tersebut dan menarik minat masyarakat adalah melalui serial iklan di kanal YouTube. Serial iklan ini menayangkan kehidupan mitra Gojek setelah mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya dan berkarier dengan Gojek. Video yang berbentuk narasi ini bertujuan untuk mempromosikan kemitraan Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana alur cerita dalam serial iklan #CeritaGOJEK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah prinsip komunikasi persuasif, dramatisme pentad dan analisis naratif. Penggunaan prinsip komunikasi persuasif merupakan faktor penentu keberhasilan komunikator dalam mengukuhkan atau mengubah sikap atau kepercayaan dan dalam mengajak pendengar untuk berbuat sesuatu. Pentad digunakan untuk melihat unsur dramatisme dalam iklan. Teori analisis naratif digunakan untuk melihat alur cerita di dalam video iklan dan juga sebagai metode. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui serial iklan yang diunggah di kanal resmi Gojek di YouTube. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa #CeritaGOJEK memiliki alur cerita yang kronologis. Narasi yang disampaikan memiliki alur cerita kronologis. Selain itu, narasi juga bersifat persuasif karena menampilkan perubahan progresif di kehidupan mitra. Serial iklan #CeritaGOJEK ini menggunakan prinsip komunikasi persuasif besaran perubahan karena Gojek ingin mengubah pandangan masyarakat mengenai transportasi online dan juga mengenalkan sistem kemitraan. Kata kunci: Naratif, Kemitraan Gojek, Pentad

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:23
Last Modified: 16 Jan 2020 08:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item