HAMBATAN MAHASISWA ETNIS SALUAN DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DENGAN MASYARAKAT ETNIS JAWA DI ASRAMA BABASAL YOGYAKARTA

H, Moh Apriansyah (2020) HAMBATAN MAHASISWA ETNIS SALUAN DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DENGAN MASYARAKAT ETNIS JAWA DI ASRAMA BABASAL YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (259kB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Komunikasi antarbudaya merupakan sebuah komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda. Hambatan komunikasi antarbudaya merupakan sebuah gangguan proses komunikasi antarbudaya ketika terjadinya perbedaan makna dalam pertukaran pesan yang dilakukan oleh kedua individu atau kelompok yang berbeda budaya. Mahasiswa Saluan mengalami hambatan komunikasi antarbudaya dalam melakukan proses komunikasi antarbudaya dengan masyarakat sekitar asrama Babasal Yogyakarta sehingga tidak terjadinya komunikasi antarbudaya yang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hambatan-hambatan yang terjadi pada mahasiswa Saluan di asrama Babasal dalam menjalin komunikasi antarbudaya dengan masyarakat Jawa Yogyakarta yang tinggal disekitar asrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mengetahui, serta mengatasi hambatan komunikasi antarbudaya mahasiswa saluan. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dan etnosentrisme. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Saluan mengalami hambatan yang mencakup tiga faktor hambatan komunikasi antarbudaya, yaitu hambatan yang bersumber pada unsur kebudayaan, yakni para mahasiswa Saluan mempunyai masalah dengan menyesuaikan diri pada norma budaya yang berlaku disekitar asrama Babasal Yogyakarta, kemudian faktor semantik, mahasiswa Saluan mempunyai kendala dalam penggunaan bahasa, dan terakhir hambatan stereotip dan prasangka, mahasiswa Saluan mempunyai hambatan yang disebabkan oleh sebuah pandangan yang cenderung ke arah negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:04
Last Modified: 10 Jan 2020 07:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item