PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI GRILL MANHOLE MENGGUNAKAN BIOMEKANIKA (Studi Kasus di CV Mega Jaya Logam, Ceper, Klaten, Jawa Tengah)

Kurniawan, Ryan (2020) PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI GRILL MANHOLE MENGGUNAKAN BIOMEKANIKA (Studi Kasus di CV Mega Jaya Logam, Ceper, Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
3. Cover Tugas Akhir.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf

Download (993kB)
[img] Text
2. Abstrak Tugas Akhir.pdf

Download (92kB)
[img] Text
5. Daftar Isi Tugas Akhir.pdf

Download (96kB)

Abstract

Produk utama CV Mega Jaya Logam adalah grill manhole, terdapat tiga orang operator yang melakukan aktivitas pengecatan grill manhole dengan mengangkat dari sisi yang satu ke sisi sebaliknya dengan berat 20 kg dan jarak perputaran benda 20 cm serta durasi kerja 3 jam tanpa henti. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan posisi tubuh jongkok dan membungkuk. Hal tersebut menyebabkan beban kerja yang dialami operator tersebut tergolong berat dan kecenderungan untuk mengalami cedera cukup tinggi di bagian bahu, paha dan pinggang sehingga pekerja sering kali tidak masuk kerja yang mengakibatkan perusahaan mengalami kemunduran target produksi. Perbaikan postur kerja pada proses produksi grill manhole diperlukan perhitungan data kuesioner Nordic Body Map dan menghitung besar gaya kompresi dan momen gaya pada L5/S1 dengan perhitungan berat bagian tubuh seperti kepala, lengan, dan batang tubuh. Kemudian melakukan pengukuran kerja dengan metode RWL yang merupakan rekomendasi batas beban yang dapat diangkut oleh manusia tanpa menimbulkan cedera meskipun pekerjaan tersebut dilakukan secara berulang dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tahap selanjunya menghitung antropometri dengan menentukan data yang dibutuhkan, menguji kecukupan data antropometri, dan memilih persentase populasi yang diikuti yaitu 90-th, 95-th, dan 99-th atau nilai persentil. Usulan perbaikan fasilitas kerja menggunakan pendekatan Antropometri sesuai ukuran pekerja pada CV Mega Jaya Logam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa usulan perbaikan fasilitas kerja tersebut menggunakan pendekatan Antropometri sesuai ukuran pekerja pada CV Mega Jaya Logam. Usulan perbaikan fasilitas kerja yang telah didapatkan mengubah postur kerja di stasiun pengecatan dari membungkuk menjadi berdiri sehingga meminimalisir resiko cedera otot. Hasil perhitungan menghasilkan momen gaya sebesar 7217,44 N dan LI sebesar 45,63. Perhitungan dari usulan perbaikan fasilitas kerja menghasilkan momen gaya sebesar 1169,8 N dan LI sebesar 2,05 dari kondisi awal sebelum adanya usulan perbaikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa usulan perbaikan fasilitas kerja ini lebih ergonomis dari keadaan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:56
Last Modified: 10 Jan 2020 03:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22010

Actions (login required)

View Item View Item