Dharmawan, Muhammad Rizky (2020) POLA KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ASURANSI JASINDO DALAM MENSOSIALISASIKAN PRODUK ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
3. Cover.pdf Download (446kB) | Preview |
Preview |
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (445kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Abstrak.pdf Download (446kB) | Preview |
Preview |
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf Download (824kB) | Preview |
Text
1.-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Komunikasi pemasaran diperlukan dalam memasarkan suatu produk. Salah
satu produk dari PT Jasindo yaitu Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). AUTP adalah
perjanjian antara petani dan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam
pertanggungan risiko usaha tani padi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui Pola
Komunikasi Pemasaran PT. Jasindo Yogyakarta dalam mensosialisasikan produk
asuransi usaha tani padi di kabupaten Kulonpogo Yogyakarta. Metode penelitian yaitu
Jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara
Mendalam, Observasi, Dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan penelitian
kualitatif dengan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola
komunikasi PT Jasindo dalam mensosialisasikan program Asuransi Usaha Tani Padi
Dinas Pertanian Tanaman dan Pangan Kabupaten Sleman yaitu Pola komunikasi
program Asuransi Usaha Tani Padi yang dilakukan oleh PT Jasindo ada 3 tahapan
yang dilakukan yaitu yang pertama tahap persiapan dimana Dinas Pertanian
melakukan sosialisasi, yang kedua tahap pelaksanaan, yang terakhir tahap monitoring,
evaluasi, dan pelaporan. Faktor penunjang Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di
Kabupaten Sleman adalah terdapatnya areal sawah/lahan potensial tanaman padi,
adanya potensi terserang Organisme Pengganggu Tanaman, terdapatnya minat petani
terhadap program AUTP, persyaratan yang mudah bagi petani, adanya bantuan subsidi
dari pemerintah untuk pembayaran premi. Faktor penghambat Asuransi Usaha Tani
Padi (AUTP) di Kabupaten Sleman adalah Pola pikir petani yang pesimis dan apatis,
sehingga untuk menanamkan pada petani tentang pentingnya program AUTP bagi
petani membutuhkan waktu yang lama dan sulit.
Kata Kunci: Pola Komunikasi Pemasaran, Produk AUTP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 02:58 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21993 |
Actions (login required)
View Item |