POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DAN ANAK DIDIK INKLUSI (Studi pada Guru Pendamping Khusus dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Didik Inklusi di Sekolah Formal SMP Negeri 3 Probolinggo)

Herlin Nurpratiwi, Rizky (2020) POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DAN ANAK DIDIK INKLUSI (Studi pada Guru Pendamping Khusus dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Didik Inklusi di Sekolah Formal SMP Negeri 3 Probolinggo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER - RIZKY HERLIN NURPRATIWI - 153150143.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - RIZKY HERLIN NURPRATIWI - 15350143.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK - RIZKY HERLIN NURPRATIWI - 153150143.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - RIZKY HERLIN NURPRATIWI - 153150143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kendala saat proses belajar mengajar pada program inklusi di SMP Negeri 3 Probolinggo terletak pada cara berinteraksi dan berkomunikasi, dimana dibutuhkan treatment khusus. Kecenderungan memiliki fokus dan tingkat kepercayaan diri rendah, serta sulitnya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar pada ABK juga menjadi kendala. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola komunikasi yang diterapkan dalam penanganan dan metode GPK dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak didik inklusi di SMP Negeri 3 Probolinggo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teori kompetensi komunikasi. Hasil penelitian ini menemukan adanya komunikasi interpersonal dan penerapan pola komunikasi primer, linear, dan sirkular dalam penanganan anak didik inklusi. Sedangkan metode yang dilakukan oleh GPK dalam menumbuhkan rasa percaya diri yaitu apresiasi, motivasi, fun activities, dan keterampilan pendampingan khusus, dimana metode tersebut sesuai dengan komponen kompetensi komunikasi. Kontribusi penelitian ini menambahkan komponen baru pada model kompetensi komunikasi yaitu supportiveness, language, emphaty, dan equality, selain komponen knowledge, motivation, dan skill. Kata kunci: Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pola Komunikasi, Rasa Percaya Diri, Kompetensi Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:48
Last Modified: 10 Jan 2020 02:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item View Item