STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL NEO MALIOBORO DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI HOTEL DI YOGYAKARTA

Putri, Iqlima Andana (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL NEO MALIOBORO DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI HOTEL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK BAHASA DAN INGRRIS.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA DAN INGRRIS.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara di Kota Yogyakarta mengalami
peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mendukung kebutuhan akan jasa
penginapan dan pelayanan menjadi tinggi. Tujuan utama yang dituju oleh
wisatawan tidak lain yaitu Malioboro. Hotel NEO Malioboro memiliki okupansi
hotel diatas rata-rata dari hotel kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang sudah dijalankan dan langkahlangkah

evaluasi yang dilakukan oleh Hotel NEO Malioboro dalam
mempertahankan okupansi hotel di Kota Yogyakarta. Konsep untuk mengalisis
yang digunakan adalah konsep SOSTAC yang diimbangi oleh konsep bauran
promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang
diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka.
Analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Hotel
NEO Malioboro melalui 2 kegiatan, yang pertama online yang dibantu pemasaran
dan penyebarannya lebih banyak melalui OTA (Online Travel Agent) dan kegiatan
offlinenya yang terfokuskan melalui divisi sales & marketing. Berdasarkan hasil
pengamatan dan observasi yang penulis lakukan. Hotel NEO Malioboro dapat
dikatakan belum cukup efektif dalam pengurangan komisi kepada OTA. Menurut
penulis, masih kurangnya kepeduliaan dan komunikasi interaktif pada sumber daya
manusia yang sudah tersedia di Hotel NEO Malioboro dalam upayanya menarik
minat customer untuk melakukan pemesanan dengan direct marketing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:47
Last Modified: 09 Jan 2020 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item