STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL NEO MALIOBORO DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI HOTEL DI YOGYAKARTA

Putri, Iqlima Andana (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL NEO MALIOBORO DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI HOTEL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA DAN INGRRIS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)

Abstract

Kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara di Kota Yogyakarta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mendukung kebutuhan akan jasa penginapan dan pelayanan menjadi tinggi. Tujuan utama yang dituju oleh wisatawan tidak lain yaitu Malioboro. Hotel NEO Malioboro memiliki okupansi hotel diatas rata-rata dari hotel kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang sudah dijalankan dan langkahlangkah evaluasi yang dilakukan oleh Hotel NEO Malioboro dalam mempertahankan okupansi hotel di Kota Yogyakarta. Konsep untuk mengalisis yang digunakan adalah konsep SOSTAC yang diimbangi oleh konsep bauran promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Hotel NEO Malioboro melalui 2 kegiatan, yang pertama online yang dibantu pemasaran dan penyebarannya lebih banyak melalui OTA (Online Travel Agent) dan kegiatan offlinenya yang terfokuskan melalui divisi sales & marketing. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang penulis lakukan. Hotel NEO Malioboro dapat dikatakan belum cukup efektif dalam pengurangan komisi kepada OTA. Menurut penulis, masih kurangnya kepeduliaan dan komunikasi interaktif pada sumber daya manusia yang sudah tersedia di Hotel NEO Malioboro dalam upayanya menarik minat customer untuk melakukan pemesanan dengan direct marketing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:47
Last Modified: 09 Jan 2020 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item