Yuliandari, Meby Tri (2020) ANALISIS RESEPSI PENONTON VICE INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN PLASTIK (Video “Mereka Yang Gigih Mengingatkan Publik Agar Bijak Memakai Plastik: The Pledge”). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (180kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (248kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (248kB) | Preview |
Text
SKRIPSI-lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penyebaran informasi saat ini sangat cepat dengan didukungnya internet dan media sosial. Penyebaran informasi tersebut tak lepas dari netizen yang peduli terhadap lingkungan. Salah satu informasi mengenai masalah lingkungan yang banyak diperbincangkan oleh netizen di media sosial yaitu beredarnya penyu yang terluka karena plastik yang bersarang dihidungnya. Pengembang konten VICE Indonesia merilis kontennya di Youtube mengenai lingkungan. Mereka Yang Gigih Mengingatkan Publik Agar Bijak Memakai Plastik: The Pledge merupakan salah satu seri lingkungan VICE Indonesia yang mengangkat menggunakan plastik dengan bijak. Alur penyampaian pesan dalam video tersebut dijabarkan langsung dari dosen Teknik Lingkugnan ITB bagaimana menyikapi plastik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan penonton video VICE Indonesia terhadap video yang berjudul Mereka Yang Gigih Mengingatkan Publik Agar Bijak Memakai Plastik: The Pledge dalam menyampaikan pesan mengenai edukasi dalam penggunaan plastik, dengan menggunakan analisis resepsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumen. Pemaknaan ini dibagi menjadi tiga posisi menurut Stuart Hall dengan membandingkan preferred reading dan makna penonton dengan posisi sebagai khalayak aktif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa video Mereka Yang Gigih Mengingatkan Publik Agar Bijak Memakai Plastik: The Pledge dimaknai sebagai tayangan yang edukatif, informatif, dan menyebarkan kesadaran tentang masalah lingkungan. Keseluruhan hasil dari penelitia ini menemukan beragam pendapat. Hasil dari analisis pendapat penonton video tersebut terdapat dua posisi yang dikategorikan oleh penonton. Dalam posisi dominan terdapat empat informan dan posisi negosiasi terdapat lima informan. Faktor yang mempengaruhi perbedaan makna antara informan yaitu lingkugan, ketertarikan, situasi, pengetahuan, penggunaan media, pengalaman, dan keefektivitas.
Kata kunci: VICE Indonesia, Pemaknaan Penonton, Analisis Respesi, Lingkungan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 01:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 06:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21934 |
Actions (login required)
View Item |