PENENTUAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus pada UKM Batik Apsari, Yogyakarta)

Pratama, Naufal Ihsan (2020) PENENTUAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus pada UKM Batik Apsari, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

UKM Batik Apsari merupakan salah satu produsen batik di wilayah Yogyakarta.
Penjualan produk pakaian batik yang menurun terutama pada bluss dan dress, adanya
persaingan pasar yang ketat antar produsen batik menyebabkan UKM harus menentukan
strategi alternatif untuk dapat bersaing di pangsa pasar. Untuk itu penelitian ini bertujuan
menentukan alternatif strategi pemasaran yang harus dilakukan UKM Batik Apsari untuk
meningkatkan daya saing.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT, Boston
Consulting Group (BCG) dan Quantitaive Strategies Planning Matrix (QSPM). Analisis
SWOT digunakan untuk menentukan alternatif strategi, kemudian matriks BCG
digunakan untuk menentukan posisi pasar UKM Batik Apsari dengan membandingkan
tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif dengan UKM pesaing. Selanjutnya
menentukan prioritas strategi yang mampu diimplemetasikan UKM Batik Apsari dengan
analisis QSPM.
Berdasarkan analisis SWOT yang sudah dilakukan diperoleh 9 alternatif strategi
yang dapat digunakan oleh UKM Batik Apsari. Hasil analisis matriks BCG diperoleh data
penjualan produk pakaian bluss dan dress UKM Batik Apsari pada posisi kuadran
Question Mark. Dari hasil analisis QSPM diperoleh strategi yang sesuai dan mampu
diimplementasikan oleh UKM, yaitu strategi meningkatkan kegiatan promosi melalui
media sosial dan penjualan online terhadap produk – produk terbaru UKM dengan skor
TAS 5,761, Hasil implementasi penjualan dan promosi menghasilkan peningkatan
penjualan sebesar 5,2%.
Kata Kunci: SWOT, Matrix Boston Consulting Group, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:18
Last Modified: 10 Jan 2023 07:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item View Item