PERBAIKAN POSTUR KERJA YANG ERGONOMIS UNTUK MENGURANGI KELUHAN FISIK PEKERJA (Studi Kasus pada PT. Jetak Makmur Lestari, Surakarta)

Luthfirrahman, Fahmi Fardianto (2019) PERBAIKAN POSTUR KERJA YANG ERGONOMIS UNTUK MENGURANGI KELUHAN FISIK PEKERJA (Studi Kasus pada PT. Jetak Makmur Lestari, Surakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full (Fahmi Fardianto).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pekerja dalam melakukan pekerjaannya harus didukung oleh fasilitas kerja yang memadai, aman, dan nyaman. Fasilitas kerja tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan tingkat kenyamanannya. Berdasarkan observasi, permasalahan yang muncul berada di stasiun kerja pemotongan bagian pemotongan bahan baku yaitu memerlukan fasilitas kerja yang ergonomis berupa meja potong. Stasiun kerja pemotongan ini pekerjaan dilakukan dengan posisi badan yang tidak ergonomis sehingga mengakibatkan pekerja cepat lelah serta mengalami penegangan otot. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis stasiun kerja pemotongan, mengetahui keluhan fisik pekerja menggunakan kuesioner Nordic Body Map serta mengusulkan perbaikan pada bagian pemotongan dengan menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) untuk mengetahui berapa level resikonya. Untuk mengurangi resiko cidera tersebut akan dibuatkan alat bantu kerja, berupa meja potong dimana alat tersebut nantinya dapat mempermudah pekerja sehingga dapat menciptakan kondisi kerja yang lebih baik dan meminimalisasi resiko keluhan pada sistem musculoskeletal. Perbaikan postur kerja dilakukan dengan cara merancang alat bantu kerja yang berupa meja potong dalam perancangan alat bantu kerja tersebut menggunakan data ukuran bahan baku dan menggunakan data anthropometri. Setelah dilakukan perbaikan alat bantu kerja, dengan jumlah 4 elemen kerja diperoleh skor rata-rata yang lebih rendah, yaitu sebesar 6 yang termasuk level resiko sedang. Alat bantu kerja yang telah dibuat dapat membantu pekerja untuk membantu memperbaiki postur kerjanya dalam melakukan aktivitas kerjanya, sehingga dapat meminimalisasi resiko cidera. Kata Kunci: REBA, Nordic Body Map, Ergonomi, Antropometri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:31
Last Modified: 20 Dec 2019 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item View Item