BABO, MARGARETHA VEBRENCIA (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SD KANISIUS KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Text
1 TESIS UPN LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3 COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
5 DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah, kompetensi dan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru pada SD Kanisius Kota Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD Kanisius Kota Yogyakarta yang berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari budaya sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kompetensi terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari budaya sekolah, kompetensi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Kelima, Variabel kompetensi memberikan pengaruh terbesar. Hasil penelitian membuktika bahwa kompetensi profesional guru SD Kanisius Kota Yogyakarta memiliki rerata paling rendah dari ketiga kompetensi lainnya. Artinya, guru SD Kanisius Kota Yogyakarta harus lebih mengoptimalkan kemampuaannya dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran /bidang pengembangan yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Kata kunci: Budaya Sekolah, Kompetensi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 02:43 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 02:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21862 |
Actions (login required)
View Item |