PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi Kasus : PT Hari Mukti Teknik, Bantul, Yogyakarta)

Mozart, M Jamhur (2019) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi Kasus : PT Hari Mukti Teknik, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(3)Cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4)Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2)Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5)Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Hari Mukti Teknik, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta perlu memperhatikan kinerja perusahaan guna menghadapi perubahan organisasi bisnis dari Usaha Dagang ke Perseroan Terbatas. Hal tersebut memiliki perbedaan manajemen dan kebijakan perusahaan. Perusahaan mempersiapkan pekerja dalam menjalankan tugasnya sesuai visi dan misi perusahaan serta memastikan pekerja sudah memahami perubahan manajemen dan kebijakan perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Total Performance Scorecard (TPS) sebagai solusi dalam perbaikan sistem pengukuran kinerja perusahaan. Metode Total Performance Scorcard (TPS) membagi rencana strategis yang didasarkan tolak ukur Personal Balanced Scorecard Owner, Personal Balanced Scorecard karyawan dan Organizational Balanced Scorecard perusahaan. Metode tersebut bertolak ukur perspective keuangan, perspective pelanggan, perspective bisnis internal serta pengetahuan dan pembelajaran sebagai acuan dalam pembentukan Key Performance Indicator (KPI) sebagai acuan pembobotan untuk tahap scoring. Hasil dari penelitian pengukuran kinerja menggunakan metode Total Performance Scorecard (TPS) ini memperoleh hasil KPI tersusun sebanyak 96 KPI, nilai rata-rata aspek dari keseluruhan mendapatkan nilai 4,32 dinyatakan dalam keadaan baik dengan hasil 4,69 untuk perspective keuangan, 4,45 untuk perspective external, 4,17 untuk perspective internal dan unutk perspective pengetahuan dan pembelajaran sebesar 4,05. Strategi perbaikan untuk menginginkan kinerja perusahan yang perlu diperhatikan adalah perusahaan sebaiknya melihat track record bekerja calon karyawan terkait turnover, memilih calon karyawan yang terbaik dan bertalenta dibidangnya serta perusahaan memberikan feedback positif, reward untuk karyawan. Perusahaan diharuskan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, menyediakan fasilitas medical chek up berkala kepada karyawan, melakukan pencegahan terhadap produk cacat dengan melakukan pengecekan disetiap proses, dan karyawan diharuskan meningkatkan minat baca seputar pengetahuan. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Personal Balanced Scorecard (PBSC), Organizational Balanced Scorecard (OBSC), Total Performance Scorecard (TPS)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:08
Last Modified: 05 Dec 2019 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item