RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI PT. HARGO WILLIS INDONESIA, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GINTING, NATANAIL (2019) RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI PT. HARGO WILLIS INDONESIA, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

PT. Hargo Willis Indonesia (PT. HWI) merupakan salah satu perusahaan pertambangan batu andesit yang terletak di Dusun Tegiri II, Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini PT. HWI berencana membuka kuari baru yaitu kuari II dengan metode penambangan yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu dengan metode kuari (quarry) side hill . Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan pada kuari II agar target produksi tercapai, dengan kondisi adanya penambahan jarak 1 km dari kuari sebelumnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kamampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menghitung keserasian kerja antara alat muat dan alat angkut. PT. HWI menetapkan target produksi sebesar 940 ton/hari pada kuari yang akan dibuka. Untuk mencapai target produksi, penambangan di PT. HWI mengunakan alat mekanis yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu Excavator Volvo EC210B dan Dump Truck Toyota Dyna 130HT. Dari hasil penelitian di lapangan didapatkan cycle time alat muat sebesar 17 detik dan cycle time alat angkut sebesar 2976 detik dengan nilai efisiensi 70 % untuk alat muat, sedangkan 65 % untuk alat angkut. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan kemampuan produksi Excavator Volvo EC210B sebesar 1129 ton/hari dan Dump Truck Toyota Dyna 130HT sebesar 48 ton/hari untuk kuari II. Dengan demikian kebutuhan alat muat Excavator Volvo EC210B untuk kuari yang akan dibuka yaitu 1 unit dan kebutuhan Dump Truck Toyota Dyna 130HT yaitu sebanyak 20 unit. Adapun faktor keserasian kerja untuk kuari yang akan dibuka adalah 0,91.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:18
Last Modified: 13 Nov 2019 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item