EVALUASI PENCAPAIAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DENGAN MENERAPKAN METODE ANTRIAN PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP PIT PINANG SOUTH PT KALTIM PRIMA COAL SANGATTA KALIMANTAN TIMUR

KURNIAWAN, TRI ARGA (2019) EVALUASI PENCAPAIAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DENGAN MENERAPKAN METODE ANTRIAN PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP PIT PINANG SOUTH PT KALTIM PRIMA COAL SANGATTA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kegiatan pengupasan lapisan penutup di PT. Kaltim Prima Coal khususnya pada Pit Pinang South menggunakan kombinasi alat muat 1 unit backhoe Liebherr R996B dan alat angkut 9 unit dumptruck Caterpillar 789B dengan target produktivitas pengupasan lapisan penutup sebesar 2.000 BCM/jam. Namun pada kenyataannya, produktivitas pada saat ini sebesar 1.696,72 BCM/jam atau baru mencapai 84,84 % dari target yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kekurangan produktivitas sebesar 15,16 % atau 303,28 BCM/jam. Waktu muat backhoe saat ini sebesar 2,105 menit dan total waktu edar dumptruck sebesar 22,31 menit. Hasil pengamatan yang dilakukan dilapangan, didapatkan faktor penyebab produktivitas pengupasan lapisan penutup tidak tercapai yaitu adanya beberapa segmen jalan angkut yang belum memenuhi standar dari segi lebar dan kemiringannya, efisiensi kerja alat muat dan alat angkut yang belum maksimal, dan berdasarkan penerapan teori antrian didapatkan waktu tunggu dumptruck terhadap backhoe pada lokasi loading point sebesar 0,24 menit. Kondisi loading point saat ini sudah cukup baik dimana dengan tinggi penggalian 4-5 meter menggunakan metode pemuatan top loading dan single back up. Kondisi jalan angkut pada jalan lurus segmen J-K perlu dilakukan perbaikan dari lebar aktual 24 meter menjadi sebesar 27 meter dan pada jalan angkut tikungan dari rata-rata aktual 28,5 meter menjadi sebesar 32 meter, serta kemiringan jalan angkut tidak lebih dari 10%. Hasil analisis dan perhitungan didapatkan alternatif perbaikan yang terdiri dari perbaikan jalan angkut, penjadwalan alat angkut, dan pengurangan hambatan kerja. Alternatif tersebut menghasilkan produktivitas sebesar 2.038,77 BCM/Jam, dimana diikuti perbaikan waktu edar dari 22,31 menit menjadi 19,04 menit, penurunan waktu tunggu alat angkut dari 0,24 menit menjadi 0,13 menit, dan hambatan kerja dikurangi sehingga efisiensi kerja yang semula dari 74,98 % mengalami peningkatan sebesar 1,91 % menjadi 76,89 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Nov 2019 08:04
Last Modified: 11 Nov 2019 08:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item