KURNIAWAN, TRI ARGA (2019) EVALUASI PENCAPAIAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DENGAN MENERAPKAN METODE ANTRIAN PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP PIT PINANG SOUTH PT KALTIM PRIMA COAL SANGATTA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (116kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN ABSTRACT.pdf Download (11kB) | Preview |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Kegiatan pengupasan lapisan penutup di PT. Kaltim Prima Coal khususnya
pada Pit Pinang South menggunakan kombinasi alat muat 1 unit backhoe Liebherr
R996B dan alat angkut 9 unit dumptruck Caterpillar 789B dengan target
produktivitas pengupasan lapisan penutup sebesar 2.000 BCM/jam. Namun pada
kenyataannya, produktivitas pada saat ini sebesar 1.696,72 BCM/jam atau baru
mencapai 84,84 % dari target yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa
perusahaan mengalami kekurangan produktivitas sebesar 15,16 % atau 303,28
BCM/jam. Waktu muat backhoe saat ini sebesar 2,105 menit dan total waktu edar
dumptruck sebesar 22,31 menit.
Hasil pengamatan yang dilakukan dilapangan, didapatkan faktor penyebab
produktivitas pengupasan lapisan penutup tidak tercapai yaitu adanya beberapa
segmen jalan angkut yang belum memenuhi standar dari segi lebar dan
kemiringannya, efisiensi kerja alat muat dan alat angkut yang belum maksimal, dan
berdasarkan penerapan teori antrian didapatkan waktu tunggu dumptruck terhadap
backhoe pada lokasi loading point sebesar 0,24 menit.
Kondisi loading point saat ini sudah cukup baik dimana dengan tinggi
penggalian 4-5 meter menggunakan metode pemuatan top loading dan single back
up. Kondisi jalan angkut pada jalan lurus segmen J-K perlu dilakukan perbaikan
dari lebar aktual 24 meter menjadi sebesar 27 meter dan pada jalan angkut tikungan
dari rata-rata aktual 28,5 meter menjadi sebesar 32 meter, serta kemiringan jalan
angkut tidak lebih dari 10%.
Hasil analisis dan perhitungan didapatkan alternatif perbaikan yang terdiri
dari perbaikan jalan angkut, penjadwalan alat angkut, dan pengurangan hambatan
kerja. Alternatif tersebut menghasilkan produktivitas sebesar 2.038,77 BCM/Jam,
dimana diikuti perbaikan waktu edar dari 22,31 menit menjadi 19,04 menit,
penurunan waktu tunggu alat angkut dari 0,24 menit menjadi 0,13 menit, dan
hambatan kerja dikurangi sehingga efisiensi kerja yang semula dari 74,98 %
mengalami peningkatan sebesar 1,91 % menjadi 76,89 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 08:04 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 08:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |