STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta)

Sari, Kezia Arum (2019) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL KEZIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya banyak pilihan hotel akan menimbulkan iklim persaingan untuk mendapatkan posisi di hati masyrakat masing-masing hotel harus melakukan strategi customer relationship management terbaik agar dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi customer relationship management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, mengatahui kendala-kendala dalam melakukan strategi customer relationship management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi customer relationship management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori Relationship Management, fokus pada teori ini membahas proses manajemen relasi antara organisasi dengan publiknya, baik internal maupun eksternal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Customer Relationship Management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sudah cukup baik yaitu menerapkan proses strategi public relations, dalam menghadapi menghadapi kendala-kendala yang ada sudah cukup berhasil dengan melalukan technical meeting setiap pagi sebelum melaksanakan kegiatan public relations, untuk peningkatan jumlah okupansi kamar hotel yaitu berdasarkan data diatas room occupied merupakan jumlah kamar yang terjual, pada tahun 2017 Merapi Merbabu Hotel & Resort Yogyakarta mampu menjual mencapai 19,038 persen kamar dan pada tahun 2018 naik menjadi 20,252 persen menjadi kamar. Kata kunci : Strategi, customer relationship management, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:48
Last Modified: 08 Nov 2019 08:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item