Sari, Kezia Arum (2019) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (232kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
Preview |
Text
pengesahan.pdf Download (199kB) | Preview |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL KEZIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dengan adanya banyak pilihan hotel akan menimbulkan iklim persaingan untuk
mendapatkan posisi di hati masyrakat masing-masing hotel harus melakukan strategi
customer relationship management terbaik agar dapat menarik minat pelanggan dan
meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
customer relationship management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta
dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, mengatahui kendala-kendala dalam
melakukan strategi customer relationship management Merapi Merbabu Hotel &
Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang
mempengaruhi strategi customer relationship management Merapi Merbabu Hotel &
Resorts Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini
menggunakan teori Relationship Management, fokus pada teori ini membahas proses
manajemen relasi antara organisasi dengan publiknya, baik internal maupun
eksternal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan analisis
dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Customer
Relationship Management Merapi Merbabu Hotel & Resorts Yogyakarta dalam
meningkatkan kepuasan pelanggan sudah cukup baik yaitu menerapkan proses
strategi public relations, dalam menghadapi menghadapi kendala-kendala yang ada
sudah cukup berhasil dengan melalukan technical meeting setiap pagi sebelum
melaksanakan kegiatan public relations, untuk peningkatan jumlah okupansi kamar
hotel yaitu berdasarkan data diatas room occupied merupakan jumlah kamar yang
terjual, pada tahun 2017 Merapi Merbabu Hotel & Resort Yogyakarta mampu
menjual mencapai 19,038 persen kamar dan pada tahun 2018 naik menjadi 20,252
persen menjadi kamar.
Kata kunci : Strategi, customer relationship management, kepuasan pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 08:48 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 08:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |