KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT EXCAVATOR VOLVO EC750DL DAN ALAT ANGKUT ADT VOLVO A40F UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PADA PENAMBANGAN BIJIH EMAS PIT TOKA PT. MEARES SOPUTAN MINING SULAWESI UTARA

PRAWATYO, SATMOKO TEKWAN (2019) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT EXCAVATOR VOLVO EC750DL DAN ALAT ANGKUT ADT VOLVO A40F UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PADA PENAMBANGAN BIJIH EMAS PIT TOKA PT. MEARES SOPUTAN MINING SULAWESI UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)

Abstract

RINGKASAN PT. Meares Soputan Mining (PT. MSM) merupakan perusahaan tambang bijih emas di Indonesia. PT. MSM memiliki tiga area penambangan yaitu Pit Toka, Pit Blambangan dan Pit Araren, penelitian dilakukan di Pit Toka. Kegiatan penambangan bijih emas PT. MSM menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode open pit. Dalam kegiatan pemuatan dan pengangkutan, PT. MSM menggunakan kombinasi alat muat yaitu 1 unit Excavator Volvo EC750DL dan 8 unit alat angkut Articulated Dumptruck (ADT) Volvo A40F. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor hambatan yang berpengaruh terhadap kegiatan pemuatan dan pengangkutan bijih emas, menganalisis upaya peningkatan produktivitas alat muat Excavator Volvo EC750DL dan alat angkut ADT Volvo A40F sehingga target produksi dapat tercapai dan menghitung keserasian kerja alat muat Excavator Volvo EC750DL dan alat angkut ADT Volvo A40F setelah upaya peningkatan produktivitas. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan referensi pustaka, observasi lapangan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap kondisi lapangan, pengumpulan data primer dan data sekunder, pengolahan data dengan menggunakan software microsoft excel dan software surpac, analisis data untuk mengetahui produktivitas alat muat dan alat angkut serta mengetahui faktor hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya target produksi yang ditentukan dan kesimpulan. Permasalahan yang terjadi adalah belum tercapainya target produksi bijih emas yang ditentukan oleh perusahaan sebesar 300 BCM/jam, sedangkan produktivitas alat muat Excavator Volvo EC750DL adalah 273,4 BCM/jam terdapat kekurangan sebesar 26,6 BCM/jam dan produktivitas alat angkut Articulated Dumptruck (ADT) Volvo A40F adalah 270,5 BCM/Jam terdapat kekurangan sebesar 29,5 BCM/jam, sehingga dibawah target produksi yang ditentukan. Hal ini disebabkan oleh waktu edar alat angkut pengangkutan bermuatan dan kembali kosong yang tinggi yang dipengaruhi rendahnya kecepatan alat angkut, selain itu terdapat geometri jalan angkut yaitu lebar jalan angkut pada jalan lurus pada segmen T4-T5 dengan lebar jalan angkut adalah 11,32 m yang lebih kecil dari lebar jalan angkut minimum yaitu 12,04 m, sehingga memengaruhi waktu edar alat angkut. Upaya perbaikan yang dilakukan adalah dengan memperbaiki waktu edar pengangkutan bermuatan dan kembali kosong serta memperbaiki geometri jalan angkut yang tidak sesuai standar. Waktu edar alat angkut berkurang dari 1125,2 detik menjadi 1014,2 detik berkurang sebesar 111 detik atau 1,85 menit. Perbaikan waktu edar menghasilkan nilai MF 0,879 dari sebelumnya 0,789 dan produktivitas alat muat meninggkat dari 273,4 BCM/jam menjadi 304,8 BCM/jam, produktivias alat angkut meningkat dari 270,5 BCM/jam menjadi 300,13 BCM/jam sehingga telah mencapai target produksi yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:53
Last Modified: 07 Nov 2019 06:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item