RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PENAMBANGAN ANDESIT KUARI II PT. AGUNG BARA CEMERLANG DUSUN PLAMPANG II DESA KALIREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

SETIAWAN, BAGUS PUTRA (2019) RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PENAMBANGAN ANDESIT KUARI II PT. AGUNG BARA CEMERLANG DUSUN PLAMPANG II DESA KALIREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
RINGKASAN - ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)

Abstract

RINGKASAN PT. Agung Bara Cemerlang merupakan salah satu perusahaan pertambangan batu andesit yang terletak di Dusun Plampang II, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Saat ini PT. Agung Bara Cemerlang berencana membuka kuari baru yaitu kuari II dengan metode penambangan yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu dengan metode kuari (quarry) side hill, dimana dibagi menjadi 6 blok dengan tiap blok berjangka waktu 1 tahun. Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan pada kuari II agar target produksi tercapai, dengan semakin jauhnya jarak angkut dari loading point menuju stockyard. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kemampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menghitung keserasian kerja antara alat muat dan alat angkut pada tiap blok yang akan dilakukan kegiatan penambangan. PT. Agung Bara Cemerlang menetapkan target produksi sebesar 250.000 ton/tahun pada kuari yang akan dibuka. Untuk mencapai target produksi, penambangan di PT. Agung Bara Cemerlang menggunakan alat mekanis yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu Excavator Volvo EC210LB dan Dump Truck Hino Dutro 130HD. Dari hasil penelitian di lapangan didapatkan cycle time alat muat sebesar 28,3 detik dan cycle time alat angkut sebesar 103,33 menit dengan nilai efisiensi 87,83 % untuk alat muat, sedangkan 87,19 % untuk alat angkut. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan kemampuan produksi Excavator Volvo EC210LB sebesar 852,72 ton/hari dan Dump Truck Hino Dutro 130HD sebesar 26,62 ton/hari untuk blok VI kuari II, dimana menjadi letak posisi pengambilan data penelitian dimulai. Dengan demikian kebutuhan alat muat Excavator Volvo EC210LB untuk kuari yang akan dibuka yaitu 1 unit untuk tiap blok dan Dump Truck Hino Dutro 130HD yaitu sebanyak 32-39 unit per tiap blok. Adapun faktor keserasian kerja untuk kuari yang akan dibuka adalah berkisar antara 1,004 -1,023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:23
Last Modified: 05 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21662

Actions (login required)

View Item View Item