Hapsari, Dini Kartika (2019) MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DE’ HALAL MART YOGYAKARTA SEBAGAI BISNIS RITEL ISLAMI. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
3. COVER - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Sebagai peritel baru dengan konsep Islami dan berbeda dari kebanyakan ritel konvensional sebelumnya, De’ Halal Mart mempunyai berbagai peluang dan tantangan. Pertumbuhan jumlah penduduk muslim di Indonesia dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya halal haram dan bahaya riba dalam Islam tidak serta merta menjadikan masyarakat berbondong-bondong hanya belanja di toko ritel syariah. Loyalitas pelanggan telah terbentuk oleh ritel-ritel konvensional sebelumnya yang berdiri lebih dulu. Mengingat De’ Halal Mart merupakan bisnis berskala lokal dan saat ini menjalankan strategi bisnis dengan prioritas layanan dan produk, bukan ekspansi, maka strategi media menjadi salah satu pilihan cara untuk mengembangkan bisnis ini. Penelitian ini menjelaskan bagaimana penggunaan media komunikasi dalam pengembangan bisnis ritel Islami. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa De’ Halal Mart mempunyai dua fungsi penting dalam menjalankan aktivitas bisnisnya yakni pemasaran dan dakwah. Dalam menunjang kedua fungsi bisnis tersebut, dibutuhkan sebuah alat yang dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada segenap pemangku kepentingan. Alat perantara tersebut adalah media. Media disini sebagai message delivery system. De’ Halal Mart menggunakan kombinasi media komunikasi yang dikenal dengan istilah media mix. Di era digital saat ini, perkembangan media sosial di Indonesia sangat cepat. Begitu juga pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang relatif meningkat setiap tahun. Jaringan yang luas dinilai penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Untuk itulah, media sosial menjadi salah satu pilihan media komunikasi bagi De’ Halal Mart. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan media komunikasi antara lain pemahaman terhadap fungsi media, melakukan pemilihan target audiens, dan menganalisis serta menentukan jenis media komunikasi yang tepat bagi perusahaan. Kata kunci : media komunikasi, bisnis ritel Islami, komunikasi bisnis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21595 |
Actions (login required)
View Item |