STRATEGI REBRANDING & BRAND ACTIVATION TVRI DI ERA KONVERGENSI

Flowrenza, Egia (2019) STRATEGI REBRANDING & BRAND ACTIVATION TVRI DI ERA KONVERGENSI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER FIX.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TVRI adalah televisi pertama dan tertua di Indonesia, dan hingga saat ini masih eksis di dunia penyiaran. Media akan selalu berkembang setiap saatnya mengikuti perkembangan jaman yang begitu cepatnya berubah, dan sekarang sudah mencapai era konvergensi, yaitu segala sesuatu bisa diakses dengan mudah hanya menggunakan satu platform, Internet. Jadi, untuk bisa mengimbangi perkembangan era konvergensi, TVRI memerlukan gebrakan baru agar tidak tertinggal dengan televisi serta media lainnya yang sudah berada di platform digital. TVRI pun melakukan rebranding. Bagaimanakah strategi rebranding TVRI di era konvergensi? Dengan menggunakan teori Normatif Media, dimana merujuk pada gagasan hak dan tanggung jawab yang mendasari pengharapan akan keuntungan (hal positif) media bagi individu dan masyarakat. Diantara sumber-sumber pengharapan normatif yang paling mendasar adalah yang berasal dari konteks sejarah yang membentuk peranan lembaga media. TVRI yang pada dasarnya selalu memberikan konten positif karena memberikan edukasi dan informasi yang dapat diterima oleh semua kalangan. Melalui strategi pendekatan untuk menarik minat kaum milenial, dikarenakan pada era konvergensi ini, kaum milenial sangat berperan besar, maka dengan cara memahami pikiran (mind identity) mereka untuk melihat apa yang sedang disenangi oleh kaum milenial, lalu memahami perilaku (behavior identity) mereka selama menggunakan media sosial, setelah itu divisualkan (visual identity) hasil dari strategi tersebut melalui konten-konten yang lebih fresh dan sesuai dengan kategori warna audiens. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa TVRI masih bisa bertahan dan mengembangkan ranahnya hingga ke platform digital. Dengan berkolaborasi bersama kaum milenial untuk membentuk konten-konten yang kreatif namun tidak meninggalkan sisi edukatif dan informatif dari TVRI. Membangun kerjasama dengan perusahaan asing untuk mewujudkan tujuan rebranding TVRI yaitu untuk menjadi World Class Broadcaster. Kata Kunci : TVRI, branding, era konvergensi, strategi, platform digital, kaum milenial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:41
Last Modified: 03 Oct 2019 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item