PENGARUH BUDAYA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Terhadap Mahasiswa Aktif Jurusan Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta pada Tahun 2018)

MAKING, ELSA OLINDA SOARES (2019) PENGARUH BUDAYA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Terhadap Mahasiswa Aktif Jurusan Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta pada Tahun 2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMANPENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elsa Olinda Soares Making, Nomor Mahasiswa 152150083, Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Budaya terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening” (Studi terhadap Mahasiswa Aktif Jurusan Adminsitrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta pada Tahun 2018), 2019. Dosen Pembimbing I Sigit Haryono dan Dosen Pembimbing II Indro Herry Mulyanto. Fenomena dalam penelitian ini yaitu adanya ketimpangan atau perbandingan antara jumlah mahasiswa aktif dan jumlah mahasiswa yang telah berinvestasi di pasar modal, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Budaya terhadap Minat Investasi dengan Motivasi sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Adminsitrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta pada tahun 2018. Ukuran sampel pada penelitian ini 85 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan metode analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat invetasi. Budaya berpengaruh signifikan terhadap minat investasi. Budaya berpengaruh singnifikan terhadap minat investasi melalui motivasi sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian, semua pihak yang bersangkutan terutama Jurusan Administrasi Bisnis dengan mahasiswa aktifnya yang menjadi sampel penelitian, penelitian ini dapat menjadi bahan referensi dan pertimbangan bagi Jurusan Administrasi Bisnis untuk meningkatkan minat investasi mahasiswa di pasar modal. Cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan motivasi bahwa dengan melalui investasi di pasar modal maka berkontribusi bagi pembangunan ekonomi Indonesia. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memotivasi bahwa dengan berinvestasi di pasar modal maka kesuksesan akan lebih mudah dicapai karena imbal balik yang diberikan tinggi sesuai dengan investasi yang dilakukan dengan beragam jenis investasi yang ada. Kata kunci: Budaya, Motivasi, Minat Investasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:45
Last Modified: 03 Oct 2019 03:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item