PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGAJUAN JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

KUSMENDAR, KUSMENDAR (2019) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGAJUAN JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
222150003-Tesis-Abstrak-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan..pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
222150003-Tesis-Cover-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan..pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
222150003-Tesis-Daftar Isi-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
222150003-Tesis-Full-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
222150003-Tesis-Pengesahan-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah menyentuh segala lini kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan yang menuntut peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Dosen sebagai perantara penyebaran ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri. Dosen mempunyai hak untuk mengembangkan diri dan memperoleh pengakuan dalam pendidikan seperti jabatan fungsional akademik. Keterbatasan pengetahuan dalam pengajuan jabatan akademik dosen, akses informasi, dan proses manual menjadi permasalahan. Penelitian-penelitian sebelumnya telah menghadirkan solusi terhadap proses dari manual menjadi berbasis komputer, namun belum berbasis pada keinginan pengguna dan belum menekankan pada basis perhitungan angka kredit secara mandiri. Penelitian ini menawarkan solusi permasalahan dengan merancang sistem berbasis website yang dapat membantu dosen dalam mengakses informasi dan pengambilan keputusan secara mandiri terkait angka kredit yang dikumpulkan untuk pengajuan jabatan fungsional akademik. Metodologi yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Keinginan pengguna diketahui dengan menyebarkan kuesioner sebelum dan sesudah sistem dibuat. Penelitian melibatkan 48 responden sebelum sistem dirancang dan 33 responden setelah sistem dibuat. Terjadi gap antara tingkat keinginan dan tingkat kepuasan pengguna terkait sistem dengan skor antara 0,16 – 0,35. Sistem yang dibuat dapat membantu mengurangi waktu proses menjadi lebih cepat menjadi 1 jam. Atribut/item voice of customer yang belum terakomodasi sebanyak 30,30 %. Nilai kelayakan sistem dalam hal membantu proses 100 % dari tingkat pemenuhan voice of customer. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Quality Function Deployment, Jabatan Fungsional Akademik Dosen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:39
Last Modified: 01 Oct 2019 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item View Item