KUSMENDAR, KUSMENDAR (2019) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGAJUAN JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
222150003-Tesis-Abstrak-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan..pdf Download (405kB) | Preview |
Preview |
Text
222150003-Tesis-Cover-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan..pdf Download (557kB) | Preview |
Preview |
Text
222150003-Tesis-Daftar Isi-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf Download (548kB) | Preview |
![]() |
Text
222150003-Tesis-Full-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
Text
222150003-Tesis-Pengesahan-Perancangan Sistem Pendukung Keputusan.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 telah menyentuh segala lini kehidupan termasuk dalam bidang
pendidikan yang menuntut peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Dosen
sebagai perantara penyebaran ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan dituntut
untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri. Dosen mempunyai hak untuk
mengembangkan diri dan memperoleh pengakuan dalam pendidikan seperti jabatan
fungsional akademik.
Keterbatasan pengetahuan dalam pengajuan jabatan akademik dosen, akses
informasi, dan proses manual menjadi permasalahan. Penelitian-penelitian
sebelumnya telah menghadirkan solusi terhadap proses dari manual menjadi
berbasis komputer, namun belum berbasis pada keinginan pengguna dan belum
menekankan pada basis perhitungan angka kredit secara mandiri.
Penelitian ini menawarkan solusi permasalahan dengan merancang sistem
berbasis website yang dapat membantu dosen dalam mengakses informasi dan
pengambilan keputusan secara mandiri terkait angka kredit yang dikumpulkan
untuk pengajuan jabatan fungsional akademik. Metodologi yang digunakan adalah
Quality Function Deployment (QFD).
Keinginan pengguna diketahui dengan menyebarkan kuesioner sebelum dan
sesudah sistem dibuat. Penelitian melibatkan 48 responden sebelum sistem
dirancang dan 33 responden setelah sistem dibuat. Terjadi gap antara tingkat
keinginan dan tingkat kepuasan pengguna terkait sistem dengan skor antara 0,16 –
0,35. Sistem yang dibuat dapat membantu mengurangi waktu proses menjadi lebih
cepat menjadi 1 jam. Atribut/item voice of customer yang belum terakomodasi
sebanyak 30,30 %. Nilai kelayakan sistem dalam hal membantu proses 100 % dari
tingkat pemenuhan voice of customer.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Quality Function Deployment, Jabatan
Fungsional Akademik Dosen
Item Type: | Tugas Akhir (Masters) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Eprints Lama > 4 |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 04:39 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 04:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |