PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di Rumah Sakit Condong Catur, Yogyakarta)

Alhanif, M Affan (2019) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di Rumah Sakit Condong Catur, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-full.pdf] Text
Skripsi-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit Condong Catur merupakan organisasi perusahaan yang bergerak
di bidang pelayanan jasa kesehatan, selama ini perusahaan hanya melihat kinerja
masih berfokus terhadap aspek finansial yang meliputi sistem rencana kerja anggaran
(RKAP). Namun dengan terfokuskannya terhadap tolak ukur tersebut membuat
kinerja belum secara terpadu dalam memberikan gambaran utuh tentang kinerja
perusahaan sehingga RSCC mengalami kesulitan dalam meningkatkan kinerja lainnya
seperti kepuasan pasien, aspek karyawan dan aspek lainnya.
Tujuan Penelitian ini adalah mengukur kinerja perusahaan pada RS.
Condong Catur Yogyakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
Performance Prism yang digunakan untuk mengukur kinerja berdasarkan lima
aspek prisma kerja yaitu kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder, strategi,
proses dan kapabilitas.
Hasil penelitian dari pengukuran kinerja menggunakan metode Performance
Prism menunjukkan bahwa pada RS. Condong Catur memiliki stakeholder meliputi;
pasien, karyawan, investor dan pemasok. Pengukuran kinerja memuat 23 KPI yang
meliputi stakeholder pasien memiliki 10 KPI, stakeholder karyawan memiliki 7 KPI,
stakeholder investor memiliki 3 KPI, serta stakeholder pemasok memiliki 3 KPI.
Sedangkan total pencapaian kinerja selama 3 tahun terakhir mengalami kenaikan,
yakni pada tahun 2016 sebesar 5,977, tahun 2017 sebesar 6,077 dan tahun 2018
sebesar 9,789. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi
perusahaan untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
Kata Kunci: Performance Prism, Pengukuran kinerja, Key Performance Indicator

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:24
Last Modified: 01 Oct 2019 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item