STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA ALAM GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN GUNUNGKIDUL

Fitrianto, Sugeng (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA ALAM GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN GUNUNGKIDUL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Sugeng Fitrianto: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta 01 Agustus 2019. Strategi Pengembangan Pariwisata Alam Gunung Api Purba Nlganggeran Gunungkidul. Pembimbing I: Dr. Sabihaini, SE., M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Dra. Wisnalmawati, M.M. Penelitian ini dilakukan pada pariwisata Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul dan bertujuan untuk menentukan faktor pengembangan kawasan Gunung Api Purba serta menentukan strategi yang menjadi prioritas dalam pengembangan kawasan pariwisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Adapun teknik dalam analisis data, menggunakan Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matrik kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (Strengths, Weknesses, Opportunity, Threath – SWOT), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan dengan melalui tiga tahapan dari kerangka kerja analitis perumusan strategi. Berdasarkan hasil dari analisis EFE diketahui bahwa, skor bobot total sebesar 2,55. Sedangkan hasil analisis IFE diketahui bahwa skor bobot total sebesar 2,59. Kedua hasil analisis ini memiliki skor bobot total diatas rata-rata 2,5 namun belum mencapai skor bobot total maksimal yaitu 4,0. Hal ini berarti walaupun kondisinya sudah baik, namun masih perlu beberapa perbaikan terutama untuk meminimalkan atau bahkan menghapus kelemahan kelemahan yang ada dan meminimalkan atau menghilangkan pengaruh negatif ancaman-ancaman yang telah menghadang. Berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan tiga strategi, yaitu: strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi integrasi horisontal (Horizontal Strategi). Selanjutnya, dari hasil QSPM didapatkan daftar prioritas dari strategi-strategi alternatif terbaik untuk mengembangkan kawasan pariwisata Gunung api Purba Nglanggran. Dari hasil analisis tersebut mengindikasikan bahwa kawasan pariwisata Gunung Api Purba Nglanggran untuk sekarang perlu meningkatkan promosi dan memperbaiki program pengembangan dengan inovasi yang baru (STAS: 4,79), kemudian meningkatkan keamanan dan fasilitas sebagai upaya meningkatkan kenyamanan wisatawan (STAS: 3,95), dan yang terakhir meningkatkan kerja sama antara instansi pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat (STAS: 3,03). Kata Kunci: Matriks EFE, Matriks IFE, SWOT, dan QSPM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:23
Last Modified: 01 Oct 2019 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item