PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KARDUS PEMBUATAN MINI BOX MENGGUNAKAN ALGORITMA WAGNER-WITHIN (AWW) (Studi Kasus Di CV Sumber Mitra Usaha, Yogyakarta)

Leuwol, Deyvid Kurniady (2019) PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KARDUS PEMBUATAN MINI BOX MENGGUNAKAN ALGORITMA WAGNER-WITHIN (AWW) (Studi Kasus Di CV Sumber Mitra Usaha, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Sumber Mitra Usaha Yogyakarta merupakan perusahaan mini box yang membuat dan mengolah permintaan box berbahan dasar kardus yang akan diperuntukkan sebagai kemasan berbagai produk konsumen. Permintaan mini box oleh konsumen reguler diterima perusahaan secara berkala namun dengan jumlah permintaan yang tidak tetap. Hal ini berdampak pada persediaan bahan baku kardus yang tidak tetap juga, disamping waktu pesan yang singkat dan keterbasan modal, yang pada akhirnya berdampak pada perencanaan bahan baku tersebut. Penelitian ini melakukan analisis perencanaan persediaan bahan baku secara deterministik. Algoritma Wagner-Within merupakan model persediaan deterministik dinamis yang akan dipakai untuk mengevaluasi beberapa alternatif berdasarkan periode permintaan dan produksi, penyimpanan, serta biaya persiapan, agar menhasilkan ukuran lot yang optimal sesuai dengan permintaan. Penelitian berfokus pada perencanaan persediaan bahan baku kardus untuk permintaan konsumen reguler. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil penghematan perencanaan persediaan bahan baku untuk permintaan mini box dari konsumen reguler sebesar 33,33% atau sebesar Rp145.761.038,00 untuk periode Juli-Desember 2019. Sehingga, diharapkan perencanaan ini bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menyusun perencanaan bahan baku kardus. Kata kunci : Persediaan, mini box, Algoritma Wagner-Within

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item View Item