PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DALAM MENGAKSES INSTAGRAM STORIES

Mutiara Fatima, Asyifa (2019) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DALAM MENGAKSES INSTAGRAM STORIES. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK ASYIFA - 153150145.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK ASYIFA - 153150145.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Cover Asyifa - 153150145.pdf]
Preview
Text
Cover Asyifa - 153150145.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI ASYIFA - 153150145.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI ASYIFA - 153150145.pdf

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN ASYIFA - 153150145.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN ASYIFA - 153150145.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FULL-ASYIFA-FIX---153150145.pdf] Text
FULL-ASYIFA-FIX---153150145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju saat ini telah memudahkan manusia untuk berkomunikasi, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang sedang diminati untuk digunakan berkomunikasi adalah Instagram. Fitur Instagram yang paling berkontribusi dalam peningkatan penggunaan Instagram adalah Instagram Stories, yang memungkinkan penggunanya berbagi aktifitas sehari-harinya maupun referensi melalui foto ataupun video dengan orang lain yang hanya dapat dilihat dalam waktu 24 jam. Dimana dalam menggunakan Instagram Stories, para pengguna memiliki motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan Instagram Stories, serta mengetahui pengaruh motif dalam menggunakan Instagram Stories terhadap kepuasan mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori CMC(Computer Mediated Communication), dan uses and gratification. Dalam mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel yang digunakan sebanyak 83 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2016-2018, dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan dengan menggunakan alat bantu softwere SPSS 20.0, menunjukkan bahwa motif penggunaan Instagram Stories memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2016-2018. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan regresi linier sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana angka 0,000<0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, secara keseluruhan Instagram Stories dapat memenuhi kepuasan responden, yang ditunjukkan dari GS<GO.
Kata Kunci: Instagram Stories, Motif, Kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:56
Last Modified: 05 Jan 2023 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21375

Actions (login required)

View Item View Item