EFEKTIVITAS IKLAN SEMBULAN DI LINE TODAY DAN PENCARIAN INFORMASI PRODUK YANG DIIKLANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Periklanan Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)

Alvizar, Deffa (2019) EFEKTIVITAS IKLAN SEMBULAN DI LINE TODAY DAN PENCARIAN INFORMASI PRODUK YANG DIIKLANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Periklanan Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover.pdf]
Preview
Text
2. Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstract.pdf]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Penelitian-Deffa-Alvizar--153140093-.pdf] Text
1.-Penelitian-Deffa-Alvizar--153140093-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Periklanan merupakan proses pembuatan dan penyampaian pesan melalui media
dengan tujuan membujuk konsumen untuk melakukan tindakan membeli atau
mengubah perilakunya. Di era media sosial ini, para pelaku iklan melakukan
kegiatan periklanan melalui media internet dalam upaya menyasar target pasar yang
lebih tepat. Line Today merupakan fitur dari media sosial Line yang berfungsi
sebagai news aggregator. Pada berita yang disajikan melalui Line Today terdapat
iklan sembulan yang muncul di tengah-tengah maupun di akhir bacaan berita. Dari
iklan sembulan atau pop up ads yang muncul di Line Today, rumusan penelitian ini
adalah apakah ada hubungan efektifitas iklan sembulan di Line Today terhadap
keputusan pembelian konsumen dan percarian informasi produk yang diiklankan
terhadap keputusan pembelian mahasiswa ilmu komunikasi konsentrasi periklanan
di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Manfaat penelitian
ini adalah dapat menjadi referensi dan masukan untuk pelaku akademis maupun
praktisi dalam melihat perkembangan komunikasi periklanan terhadap keputusan
pembelian konsumen. Teori penelitian ini menggunakan teori the internet uses and
gratification. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode survei. Hasil penelitian ini adalah adannya hubungan positif efektifitas iklan
sembulan di Line Today terhadap keputusan pembelian mahasiswa ilmu
komunikasi konsentrasi periklanan di Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta dan hubungan positif pencarian informasi produk yang
diiklankan terhadap keputusan pembelian mahasiswa ilmu komunikasi konsentrasi
periklanan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Bahwa
pencarian informasi produk lebih kuat dari pada efektivitas iklan sembulan di Line
Today dalam menentukan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: iklan, efektivitas, Line Today, informasi, keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:26
Last Modified: 04 Jan 2023 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21358

Actions (login required)

View Item View Item