Saputra, Dhimas (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN GRAB EDISI #KemenanganItuDekat. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
||
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Dengan kemajuan zaman yang begitu pesat, dan tingkat konsumtif yang begitu tinggi. Tingkat penggunaan sebuah aplikasi sendiri sangatlah tinggi sehingga memunculkan inovasi baru yang memudahkan segala kebutuhan manusia. Hadirnya grab di Indonesia yang menjadi salah satu start up di bidang teknologi penyedia transportasi sangat menunjang dan memudahkan kebutuhan masyarakat. Iklan merupakan salah satu sarana penyampaian pesan dan mempunyai bagian besar dalam mempengaruhi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi yang dimana penelitian ini berfokus kepada cara audiens memaknai pesan yang disampaikan media dengan jenis penelitian kualitatif yang tertuju pada posisi pemaknaan dan interpretasi audiens. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemaknaan pesan pada iklan tersebut mayoritas pada posisi pemaknaan dominant. Melalui wawancara kepada lima narasumber didapati empat pada posisi pemaknaan dominat dan satu pada posisi pemaknaan oposisi. Ke empat informan yang berada di posisi pemaknaan dominant menanggapi hal tersebut sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan grab dan untuk satu informan yang berada pada posisi pemaknaan oposisi telah membentuk pemaknaan baru dalam yang berbeda dari pemaknaan dominant. Iklan bukan satu-satunya alat komunikasi pemasaran yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan karena adanya pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki individu dapat mempengaruhinya Kata kunci: analisis resepsi, iklan, encoding – decoding. grab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:53 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:53 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21346 |
Actions (login required)
View Item |