ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN BANK MANDIRI EDISI MANDIRI KPR MILENIAL #MUDABELIRUMAH

Saputra, Agriza (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN BANK MANDIRI EDISI MANDIRI KPR MILENIAL #MUDABELIRUMAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumah merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan manusia sebagai tempat tinggal dan berlindung. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian, Bank Mandiri hadir memperkenalkan produk barunya yaitu Mandiri KPR Milenial. Melalui media televisi, Bank Mandiri menayangkan iklan untuk memperkenalkan produk KPR Milenialnya yang diberi judul Mandiri KPR Milenial #Mudabelirumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana audiens memaknai iklan Bank Mandiri edisi Mandiri KPR Milenial #Mudabelirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman audiens dalam iklan dan untuk mengetahui bagaimana proses pemaknaan audiens terhadap pesan dalam iklan Bank Mandiri edisi Mandiri KPR Milenial #Mudabelirumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis resepsi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori resepsi model encodigdecoding milik Stuart Hall, ditemukan hasil penelitian berupa tiga posisis pemaknaan audiens terhadap iklan, yaitu dominan, negosiasi, dan oposisi. Pada posisi dominan audiens memaknai iklan sebagai sebuah ajakan untuk generasi milenial agar mengikikuti program kredit pembelian rumah dengan Mandiri KPR Milenial. Pada posisis negosiasi iklan tersebut dianggap sebagai ajakan yang sedikit meragukan karena informasinya yang kurang jelas. Sedangkan posisi oposisi, audiens hanya menganggap produk dalam iklan tidak realistis dan hanya sebagai pengingat generasi milenial agar mau berinvestasi saja. Adanya pemaknaan yang beragam disebabkan adanya latar belakang dan pengetahuan audiens yang berbeda-beda, seperti pendidikan, pekerjaan, usia, dan status ekonomi. Respon ambivalensi dapat ditemui ketika terdapat dua pemaknaan sekaligus seperti penolakan dan penerimaan muncul dalam waktu yang bersamaan. Kata Kunci : Resepsi, Milenial, Iklan Televisi, KPR, Bank Mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:29
Last Modified: 30 Sep 2019 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item