PEMILIHAN SUPPLIER BENANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT Primissima, Yogyakarta)

Hidayatullah, Rohmat (2019) PEMILIHAN SUPPLIER BENANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT Primissima, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemilihan supplier menjadi salah satu faktor penting dalam supply chain karena merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam hal menjaga kualitas dan juga untuk meningkatkan atau mempertahankan service level perusahaan tersebut dalam memenuhi permintaan konsumen. supplier yang tidak konsisten dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Perusahaan primisima memiliki lima supplier dalam memasok benang yang mana masih ada keluhan yang dirasakan terhadap supplier tersebut. Masalah memilih supplier merupakan hal yang harus dilakukan agar mengetahui mana diantara kelima supplier tersebut yang dapat memenuhi permintaan PT Primissima. Metode yang dapat menyelesaikan masalah pemilihan supplier dengan kriteria-kriteria adalah metode AHP. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemilihan supplier adalah mengidentifikasi masalah berupa kriteria dan alternatif yang akan digunakan oleh prusahaan yang selanjutnya membuat kerangka hirarki. Berdasarkan pemilihan supplier benang di PT Primissima dengan menggunakan metode AHP memperoleh hasil PT Primissima menggunakan lima kriteria, 14 sub kriteria dan lima alternatif. Secara umum supplier Prismatex memiliki nilai kinerja yang paling tinggi dibanding dengan keempat supplier benang lainnya. Ini ditunjukkan dengan skor sebesar 95,9%, oleh karenanya supplier Prismatex terpilih menjadi supplier utama dalam memasok benang di PT Primissima. . Kata Kunci: Pemilihan Supplier, AHP, Vendor Performance Indicator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:24
Last Modified: 30 Sep 2019 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21333

Actions (login required)

View Item View Item