PERSEPSI DESAINER DI YOGYAKARTA PADA GELARAN KARYA JOGJA FASHION WEEK 2018 DALAM BERKARYA

Lukita, Hannifa Sebyana (2019) PERSEPSI DESAINER DI YOGYAKARTA PADA GELARAN KARYA JOGJA FASHION WEEK 2018 DALAM BERKARYA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Busana atau pakaian pada mulanya hanya berfungsi sebagai penutup tubuh saja untuk melindungi diri dari teriknya matahari, dan sebagainya. Pengertian fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan. Salah satu contoh penggerak fashion ialah desainer yang memamerkan karya melalui salah satu media komunikasi yaitu suatu event peragaan busana. Jogja Fashion Week 2018 menjadi salah satu acara tahunan yang menyediakan tempat untuk para desainer Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi, inovasi dan motivasi yang didapat desainer terhadap gelaran karya Jogja Fashion Week 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara mendalam kepada desainer Yogyakarta yang ikut berkontribusi pada gelaran Jogja Fashion Week 2018, dan dokumentasi gelaran karya Jogja Fashion Week 2018 dari masing-masing desainer. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi desainer Yogyakarta berupa persepsi positif terhadap gelaran karya Jogja Fashion Week 2018. Tindakan desainer Yogyakarta terbagi menjadi dua kategori: Kategori yang pertama adalah desainer muda yang merasa termotivasi dan mendapat inovasi baru untuk menghasilkan karya setelah mengikuti gelaran Jogja Fashion Week 2018. Kedua adalah desainer senior yang merasa tidak termotivasi terhadap gelaran karya Jogja Fashion Week 2018. Persepsi tersebut dapat mempengaruhi intensitas desainer dalam menghasilkan karyanya. Kata Kunci : Persepsi, Fashion, Desainer, Jogja Fashion Week 2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:17
Last Modified: 30 Sep 2019 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item