TIME MOTION STUDY UNTUK MEMPERCEPAT SIKLUS PENAMBANGAN PADA PROYEK EKSPLORASI DECLINE TUJUH BUKIT PT BUMI SUKSESINDO PROVINSI JAWA TIMUR

BAYU GIANDIKA, AHMAD (2019) TIME MOTION STUDY UNTUK MEMPERCEPAT SIKLUS PENAMBANGAN PADA PROYEK EKSPLORASI DECLINE TUJUH BUKIT PT BUMI SUKSESINDO PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK_AHMAD BAYU GIANDIKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER_AHMAD BAYU GIANDIKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_AHMAD BAYU GIANDIKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_AHMAD BAYU GIANDIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil kemajuan terowongan bulan Oktober hingga Desember tahun 2018. Panjang kemajuan terowongan belum mencapai target yang sudah ditentukan pada setiap bulan. Tidak tercapainya target yang ditentukan dapat disebabkan oleh alat yang digunakan maupun dari operator yang bekerja. Siklus penambangan dalam persiapan adit decline merupakan suatu siklus yang bersifat seri dengan satu akses jalan masuk. Keterlambatan penyelesaian pada salah satu tahapan siklus penambangan akan berdampak terhadap tahapan selanjutnya. Pergantian penggunaan jenis penyangga dari resin bolt menjadi mechanical bolt dapat berpengaruh terhadap pengerjaan siklus penambangan. Penggunaan penyangga mechanical bolt yang masih baru dilakukan menyebabkan belum diketahuinya waktu baku pemasangan penyangga tersebut. Penelitian mengenai efisiensi operator yang menunjukan seberapa kinerja operator dalam melaksanakan tugasnya juga belum pernah dilakukan sehingga penilaian terhadap operator secara objektif belum maksimal. Penyelesaian permasalahan pada penelitian ini didasarkan pada metode time and motion study. Pengamatan dilakukan pada setiap tahapan siklus penambangan yang dilakukan dan berfokus terhadap perubahan jenis penyangga yang dilakukan. Penelitian ini juga menilai kinerja operator melalui efisiensi operator dalam menyelesaikan tugasnya. Waktu baku pemasangan penyangga mechanical bolt adalah 1,726 jam. Nilai efisiensi operator dalam pemasangan penyangga resin bolt dan mechanical bolt adalah 114,51% dan 73,63%. Perubahan penyangga dari resin bolt menjadi mechanical bolt mempercepat waktu baku pengerjaan satu siklus penambangan dari 23,301 jam menjadi 21,826 jam pada kondisi batuan baik-sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:52
Last Modified: 30 Sep 2019 02:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item View Item