EWOM POLITIK #2019GANTIPRESIDEN DI MEDIA SOSIAL BAGI TERBENTUKNYA ECHO CHAMBER DAN VOTING BEHAVIOUR (Studi Deskriptif #2019GantiPresiden Pada Media Sosial Twitter)

Tuasikal, Fania Khoirunnisa (2019) EWOM POLITIK #2019GANTIPRESIDEN DI MEDIA SOSIAL BAGI TERBENTUKNYA ECHO CHAMBER DAN VOTING BEHAVIOUR (Studi Deskriptif #2019GantiPresiden Pada Media Sosial Twitter). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
Skripsi - Fania K. Tuasikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hashtag merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran di media sosial Twitter yang disebut dengan electonic word of mouth (eWOM). Hashtag banyak digunakan sebagai media dalam pemasaran kampanye politik, salah satunya yaitu #2019GantiPresiden. Adanya hashtag #2019GantiPresiden menciptakan jaringan komunikasi yang akhirnya membentuk suatu kelompok atau echo chamber. Seseorang yang merupakan anggota dari suatu kelompok atau jejaring sosial tertentu akan memiliki kecenderungan dalam beropini dan membentuk perilaku memilih Ivoting behaviour) sesuai dengan data dan informasi yang didapatkan dari kelompok atau jejaring sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jaringan komunikasi eWOM #2019GantiPresiden bagi terbentuknya echo chamber dan voting behaviour. Adapaun teori yang digunakan yaitu teori jaringan komunikasi oleh Rogers dan Kincaid. Teori ini memperlihatkan bagaimana suatu jaringan yang terdiri atas individu-individu yang saling berhubungan membentuk sebuah jaringan yang terpola. Rogers dan Kincaid membedakan jaringan komunikasi menjadi dua yaitu radial dan intelocking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM dari hashtag #2019GantiPresiden membentuk suatu jaringan komunikasi radial yang membentuk adanya kelompok atau echo chamber, dimana anggotanya cendrung untuk meretweet dan memfollow akun lain yang memiliki pandangan yang sama dengannya dan memengaruhi perilaku memilihnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: jaringan komunikasi, eWOM, #2019GantiPresiden, echo chamber, voting behaviour
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:11
Last Modified: 30 Sep 2019 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item