PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2017)

PUTRI, ELSALINA JULIAN (2019) PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, ukuran perusahaan dan pengungkapan Corporate Social Responsibility baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 10 perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan jumlah sampel sebanyak 6 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak mampu memediasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh siginifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Saran dari penelitian ini ditujukan untuk perusahaan yang diteliti. Bagi perusahaan disarankan untuk lebih memperhatikan lingkungan dan sosial perusahaan yang terkena dampak dari aktivitas perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan jenis sampel secara lebih luas, tidak hanya perusahaan minyak dan gas bumi saja tetapi ke industri lain seperti manufaktur dan pertanian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan, pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:17
Last Modified: 25 Sep 2019 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item