ANALISIS KESTABILAN LERENG HIGH WALL TAMBANG BATUBARA DI PT ENERGI BATUBARA LESTARI, KABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

IDHAM, MUKHAMMAD (2019) ANALISIS KESTABILAN LERENG HIGH WALL TAMBANG BATUBARA DI PT ENERGI BATUBARA LESTARI, KABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT. Energi Batubara Lestari (PT.EBL) terletak pada Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan dengan luas area sekitar 1.884 hektar. Dalam operasi penambangannya PT. EBL menerapkan sistem tambang terbuka (surface mining), lebih spesifiknya disebut metode Strip Mining. Pit Balimas memiliki overburden yang terdiri dari lapisan batulempung, batupasir, dan batulanau. Aktivitas penggalian massa batuan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan bentang alam, keseimbangan gaya dan tegangan di sekitar penggalian. Bentuk gaya keseimbangan atau tegangan berupa lereng tersebut adalah dengan pergerakan tanah sampai mencapai keseimbangan yang baru. Untuk mengetahui mantap atau tidak mantapnya lereng, perlu dilakukan analisis stabilitas lereng yang dipengaruhi oleh kekuatan masing-masing batuan, geometri lereng, dan kondisi muka air tanah. Kekuatan batuan dipengaruhi oleh karakteristik massa batuan, sehingga penyelidikan lapangan dengan pemetaan geoteknik perlu dilakukan. Karakteristik massa batuan yang dicari dalam pemetaan geoteknik ialah Geological Strength Index / GSI. Perhitungan stabilitas lereng menggunakan metode kesetimbangan batas (pendekatan faktor keamanan). Kriteria keruntuhan yang digunakan yaitu Mohr Coulomb dan Generalized Hoek – Brown, analisa stabilitas lereng menggunakan metode kesetimbangan batas (Bishop Simplified) dibantu dengan Software Slide V.6.0. Analisis stabilitas lereng keseluruhan pada kondisi geometri lereng asli dengan kondisi tertentu menunjukan nilai faktor keamanan lereng tidak memenuhi nilai ambang batas (FK≥1,2) berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018. Percobaan terhadap variasi sudut kemiringan lereng (penurunan sebesar 6˚ dari sudut kemiringan lereng awal) dilakukan dengan hasil kenaikan nilai stabilitas lereng pada Section 1 dari nilai FK = 1,013 menjadi FK = 1,23 dalam kondisi jenuh dan pada Section 2 nilai FK =1,015 menjadi FK = 1,24 dalam kondisi jenuh. Percobaan tersebut membuktikan bahwa nilai stabilitas lereng dipengaruhi geometri lereng. Pemantauan terhadap muka air tanah dan pergerakan lereng diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor terhadap lereng yang dianalisis di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:29
Last Modified: 25 Sep 2019 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21255

Actions (login required)

View Item View Item